Home » , , , , , , , , , » Herbal : 4 Tips Kesehatan Manfaat Daun Kumis Kucing

Herbal : 4 Tips Kesehatan Manfaat Daun Kumis Kucing

Posted by Alnindo News on Rabu, 20 Januari 2016

Kumis kucing bahasa latinnya adalah Orthosiphon aristatus adalah  salah satu tanaman pertamanya yang berasal dari Afrika, lalu tanaman ini menyebar ke kawasan Asia dan Australia.  Jienis tanaman ini termasuk ke dalam golongan famili lamicaeae atau labiatae yang sangat banyak dapat dijumpai di Indonesia.

Walaupun dengan bentuknya yang sedikit aneh, tapi ternyata tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan tanaman ini dapat dijadikan obat alternatifnya. Berikut adalah tips ampuh pengobatan alternatif dengan kumis kucing.




1. Memperlancar saluran air kemih

Tips yang pertama adalah kumis kucing dapat memperlancar keluarnya air kemih atau air seni. Seseorang yang mengalami hal sulit buang air kecil biasanya mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemihnya,

Tips Mengobati : ambil 25 gram daun kumis kucing segar lalu rebus menggunakan 2 gelas air putih. Masak selama 15 menit. Racikan minuman dari kumis kucing pun bisa diminum pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas.

2. Mengobati rematik akut

Rematik merupakan suatu penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Dalam hal ini kumis kucing akan mengurangi rasa nyeri dari rematik ini dan menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

Tips Mengobati : Ambil 5 lembar daun kumis kucing segar serta daun meniran dan 3 gelas air putih. Lalu rebus hingga berubah warna setelah dingin racikan tersebut bisa diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

3. Mengatasi keputihan pada wanita

Keputihan menjadi salah satu masalah yang umum pada wanita. Gangguan ini disebabkan oleh sejumlah bakteri, virus, jamur serta parasit. Keputihan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi jangan khawatir, tanaman kumis kucing dipercaya bisa mengatasi masalah keputihan.

Tips Mengobati : ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Setelah matang air rebusan pun siap diminum dua kali sehari.

4. Mengobati sakit pinggang

Hampir rata-rata orang dewasa pernah mengalami masalah yang satu ini. Sakit pinggang biasanya muncul karena mengangkat beban berat, duduk terlalu lama dan kurang beraktivitas.

Tips Mengobati : Rebus tanaman kumis kucing hingga ke akarnya, sebelumnya jangan lupa bersihkan. Lalu air rebusan pun bisa diminum minimal sehari sekali.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics