Home » , , , , , , , , , , , , » punya gaji 7jt/bulan bisa beli RUSUNAMI bebas PPN

punya gaji 7jt/bulan bisa beli RUSUNAMI bebas PPN

Posted by Alnindo News on Rabu, 20 Januari 2016

Jakarta, bedasarkan Kebijakan baru yang tertuang dalam satu isi paket ekonomi pemerintah dan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 296/PMK.010/2015. menjelaskan bahwa Kini membeli rumah susun sederhana milik (rusunami) tidak dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN). PMK itu mengatur syarat-syarat bagi rusunami yang bebas PPN.

Pertama, rusunami yang dibiayai kredit/pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi dengan kriteria: Luas untuk setiap hunian minimal 21 meter persegi dan maksimal 36 meter persegi.
Pembangunannya mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
Hunian pertama yang dimiliki, digunakan sendiri sebagai tempat tinggal, dan tidak dipindahtangankan sesuatu aturan tentang rusunami
Batasan harga jualnya yaitu maksimal Rp 250.000.000
Rumah diperuntukan bagi orang pribadi dengan penghasilan maksimal Rp 7.000.000 per bulan

Kedua, PMK tersebut juga mengatur tentang kriteria rusunami yaitu bangunan bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang digunakan sebagai tempat hunian. Dilengkapi dengan kamar mandi/WC dan dapur, baik bersatu dengan unit hunian maupun terpisah dengan penggunaan komunal.

"Peraturan menteri ini mulai berlaku pada 8 Januari 2016," ujar PMK tersebut seperti dikutip dari kemenkeu.go.id, Rabu (13/1/2016).

Setelah PMK tersebut berlaku, maka Keputusan Menteri Keuangan Nomor 155/KMK.03/2001 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.03/2008 yang keduanya mengatur tentang Pelaksanaan PPN yang dibebaskan atas impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu yang Bersifat Strategis, tidak berlaku lagi.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics