Home » , , , , , , » Susah Tidur ?, Waspadai Kesehatan anda

Susah Tidur ?, Waspadai Kesehatan anda

Posted by Alnindo News on Rabu, 10 Februari 2016

ALHealth - Anda susah tidur ? waspadai kesehatan anda, Gangguan tidur tidak hanya berpengaruh pada resiko kecelakaan dan kurangnya produktifitas dalam aktifitas kita sehari-hari.

Susah tidur bisa membahayakan Organ dalam kita, diantaranya Jantung, Hati, Ginjal dan mata kita. untuk kali ini akan saya bahas gangguan tidur / susah tidur yang membahayakan kesehatan jantung kita.

dikutip dari sebuah penelitian para ilmuan dari RS Paru Persahabatan yang memeriksa 70 Pasien Gagal Jantung. Mreka menggunakan Kuesioner Berlin untuk mengidentifikasi kemungkinan Obstructive Sleep Apnea (OSA), Pada semua pasien tersebut.

Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), salah seorang ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut menuturkan "Dalam penelitian itu ditemukan 60% (42 orang) pasien beresiko tinggi mengalami OSA," ujarnya ketika ditemui di simposium RS Paru Persahabatan-Jaktim (10/02/16).

tidak hanya itu, Dr Agus juga mengemukakan danya keterkaitan erat antara gangguan tidur OSA dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) sekitar 19,8 persen pasien PPOK.


"Mendengkur dan berkurangnya flow oksigen sebesar 4 persen akan mengganggu organ yang membutuhkan banyak oksigen, seperti jantung dan paru-paru," kata Kepala Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Budhi Antariksa, SpP(K).

Nafas berhenti pada saat tidur pada pasien OSA biasanya ditandai dengan dengkuran atau ngorok akibat sumbatan atau penyempitan saluran napas. Akibatnya flow atau aliran oksigen berkurang, dan mengganggu berbagai fungsi organ yang ada di dalam tubuh.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics