Home » , , , , , » VHF vs UHF mana yang lebih bagus ?

VHF vs UHF mana yang lebih bagus ?

Posted by Alnindo News on Kamis, 25 Februari 2016

Ada dua format utama untuk radio komunikasi dua arah. Mereka adalah Ultra High Frekuensi (UHF) dan Very High Frekuensi (VHF). Mereka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua format tersebut adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tapi bagaimana Anda memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?


Mari kita ke komponen kunci dari kedua frekuensi untuk membantu Anda memutuskan.

Radio dua arah berkomunikasi satu sama lain melalui penggunaan gelombang radio. Gelombang radio memiliki frekuensi yang berbeda, dan dengan tuning radio penerima ke frekuensi tertentu Anda dapat mengambil sinyal tertentu.

Gelombang radio yang ditransmisikan sebagai rangkaian siklus, satu demi satu. Anda akan selalu melihat pada display “Hz” singkatan digunakan untuk menunjukkan frekuensi radio. Hertz sama dengan satu siklus per detik.

Gelombang radio diukur dengan kilohertz (kHz), yang sama dengan 1000 siklus per detik, atau megahertz (MHz), yang sama dengan 1.000.000 siklus per detik – atau 1000 kHz. Hubungan antara unit-unit ini adalah seperti ini: 1.000.000 Hertz = 1000 kilohertz = 1 megahertz.

Anda juga dapat mendengar “panjang gelombang” istilah ini sering didengar ketika Anda mendengar tentang gelombang radio. Istilah ini berasal dari radio ketika frekuensi diukur dalam jarak antara puncak dua siklus berturut-turut dari gelombang radio, bukan jumlah siklus per detik. Frekuensi yang lebih rendah menghasilkan gelombang yang lebih panjang.

Kunjungi juga :
Ready Stock Handy Talky (HT), SSB, Radio RIG, Receiver, Marine, Etc, hanya di Alnindo Electronics 

Sedangkan panjang gelombang mengukur jarak antara puncak-puncak siklus, frekuensi mengacu pada berapa lama waktu yang diukur adalah antara “puncak” dan “palung” dari gelombang tiba pada sumbernya. Jadi frekuensi mengukur waktu bukan jarak, tapi mereka pada dasarnya keduanya mengatakan hal yang sama.

Hal signifikan dari panjang gelombang untuk radio dua arah adalah bahwa hal itu mempengaruhi jangkauan transmisi dalam kondisi tertentu. Sebuah gelombang yang lebih panjang sebagai memungkinkan sinyal radio menempuh jarak yang lebih jauh.

Frekuensi yang lebih rendah atau panjang gelombang memiliki daya tembus lebih besar. Itulah salah satu alasan mereka digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal selam. VLF gelombang radio (3-30 kHz) dapat menembus air laut sampai kedalaman sekitar 20 meter. Jadi kapal selam di kedalaman dangkal dapat menggunakan frekuensi ini.

Jadi dari apa yang Anda baca di atas Anda mungkin berpikir VHF selalu menjadi pilihan yang lebih baik untuk masalah komunikasi dua arah di mana Anda menggunakannya itu belum tentu benar. Meskipun VHF memiliki kemampuan lebih baik menembus, yang tidak selalu membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk bangunan. Ingat percakapan tentang panjang gelombang di atas? Panjang gelombang memiliki dampak besar pada transmisi.

Oven microwave Anda adalah contoh dari ini. Pintu depan kaca mesh memiliki logam dengan lubang yang sangat kecil. Gelombang mikro menjadi frekuensi yang sangat tinggi memiliki panjang gelombang yang hanya beberapa inci. Mesh menjaga microwave terjebak dalam oven tetapi memungkinkan Anda untuk melihat ke dalam karena gelombang cahaya memiliki panjang gelombang mikroskopis.

Kunjungi juga : Official ALTRON Store Online Shop

Bayangkan saja berjalan melalui gedung membawa tiang lebar satu setengah meter lebih. Anda akan menghadapi tantangan yang sama sebuah pertemuan sinyal VHF. Sekarang bayangkan berjalan melalui gedung dengan tiang itu hanya setengah dari lebar pintu seperti gelombang UHF. Ada banyak pintu yang bisa dilewati.

Perbedaan satu adalah bahwa sinyal nirkabel akan menembus dinding kering, batu, tubuh manusia, furnitur, panel dinding, dan benda-benda padat lainnya. Semua benda-benda ini akan mengurangi kekuatan sinyal sekalipun. Semakin padat objek, semakin mengurangi sinyal. VHF akan menembus hambatan tersebut lebih baik dari UHF, tapi itu tidak berarti bahwa VHF lebih baik untuk aplikasi indoor seperti yang akan kita bicarakan di bagian UHF bawah ini.

Untuk sebagian besar aplikasi, frekuensi radio yang lebih rendah lebih baik untuk jangkauan yang lebih panjang. Sebuah stasiun penyiaran TV menggambarkan hal ini. Sebuah stasiun VHF khas beroperasi pada sekitar 100.000 watt dan memiliki jangkauan cakupan radius sekitar 60 mil. Sebuah stasiun UHF dengan radius jangkauan 60 mil membutuhkan transmisi pada 3.000.000 watt.

Jadi tidak ada pilihan yang jelas untuk yang lebih baik, VHF atau UHF. Ada banyak “ilmu hitam” untuk teknologi radio sehingga tidak selalu mudah untuk membedakan mana akan bekerja lebih baik untuk aplikasi Anda. Untuk membantu Anda memutuskan pada teknologi terbaik untuk Anda, lebih detail tentang masing-masing disertakan di bawah ini.

Penjelasan Frekuensi Radio UHF

Penjelasan Frekuensi Radio VHF



Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics