Home » , , , , , , » Wajib Pajak Mulai diperketat pada 2017

Wajib Pajak Mulai diperketat pada 2017

Posted by Alnindo News on Rabu, 10 Februari 2016

Mulai 2017 para Wajib Pajak tak akan bisa lagi menyembunyikan hartanya di luar negeri.

ALNews - Kilas Global, dalam beberapa tahun di prediksi masing-masing negara nantinya akan mulai memberlakukan automatic exchange of information (AEOI) atau disebut dengan sistem pertukaran informasi otomatis. Hal tersebut terpacu oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam waktu kewaktu.

Indonesia, Dunia yang telah mulai memasuki era elektronik baik dalam bentuk transportasi dan media online, indonesia pun ikut andil dalam hal itu. diantaranya yakni sistem pertukaran informasi rekening dari wajib pajak (WP) antar negara. pertukaran ini berlangsung secara otomatis melalui jaringan internet. yang berarti rekening WP yang berada di negara lain akan langsung terlacak secara otomatis oleh otoritas perpajakan.

terlibatnya indonesia bersama puluhan negara lain yang tergabung dalam G20 ditandai dengan diadakannya pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di turki.

Inisiasi awal datang dari organisasi for Economic Cooperation dan Development (OECD). yang mengacu diberlakukannya sistem ini adalah kebutuhan informasi yang akurat tentang ketidakpatuhan dari WP baik sengaja maupun tidak dalam menghindari kewajiban bayar pajak.

Yustinus Prastowo, selaku Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis mengatakan kepada media pada (10/02/16)

"Ini akan mengurangi risiko penggelapan pajak dengan berbagai macam informasi, dan mendorong WP untuk menyatakan penghasilan yang sebenarnya dari berbagai sumber."

Ruang lingkup informasi yang sebelumnya dibatasi oleh masing-masing negara seperti perbankan, profit usaha, dividen, royalti, keuntungan penjualan barang modal, gaji karyawan, komisi, dana pensiun, perubahan tempat tinggal, kepemilikan properti, dan disposisi properti.

Dalam komitmen yang sudah disepakati, pertukaran informasi akan dimulai pada 2018. dan untuk Indonesia sendiri akan mulai diberlakukan lebih awal, yakni 2017 terutama dengan Amerika Serikat (AS) dalam Foreign Account Tax Compliance ACT (FATCA).

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics