Home » » Benarkah Telur Asin Herbal Rendah Kolesterol?

Benarkah Telur Asin Herbal Rendah Kolesterol?

Posted by Alnindo News on Selasa, 29 Maret 2016

ALHealth, Konsumsi kuning telur sering dikaitkan dengan kadar kolesterol dalam darah. Tapi apa benar proses pembuatan telur dengan aneka herbal bisa rendahkan kolesterol?

Dalam 100 gr kuning telur asin mengandung kolesterol sebanyak 955 mg. Satu butir telur bebek asin biasanya memiliki berat sekitar 70 gram, ini mengandung 260 mg kolesterol.

"Jika dibandingkan, kandungan kolesterol pada satu butir telur bebek lebih tinggi dibandingkan dengan satu telur ayam yang mengandung sekitar 170-200 mg kolesterol," ujar Jansen Ongko, Msc, RD selaku Konsultan dan Ahli Gizi.

Kini, mulai dikenalkan telur asin herbal yang diklaim memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah.

"Telur jenis ini memiliki proses pengolahan yang berbeda," jelas Jansen.

Menurutnya, proses pembuatan telur asin herbal dibuat dengan menambahkan bahan-bahan herbal antara lain kayu secang, daun jambu biji merah, akar alang-alang, daun salam, daun dewa dan teh hijau.

"Dengan campuran bahan herbal tersebut maka kadar kolesterol pada telur asin berkurang," tambah pria berkacamata ini kepada  media.

Selain proses perlakuan ketika pengolahan, pakan yang diberikan pada ternak juga mempengaruhi. Untuk menurunkan kadar kolesterolnya, bebek diberi pakan berupa limbah udang yang mengandung sekitar 60 persen betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan.

"Dengan perlakuan ini, dapat menurunkan kandungan kolesterol pada kuning telur bebek yaitu menjadi 493 mg per 100 gr kuning telur," pungkas pemilik website kesehatan www.ask-jansen.com tersebut.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics