Home » , , , , , » Modus Pencuri Kabel: Jadi Pemulung Bergerobak Hingga Nginap di Gorong-gorong

Modus Pencuri Kabel: Jadi Pemulung Bergerobak Hingga Nginap di Gorong-gorong

Posted by Alnindo News on Selasa, 15 Maret 2016

Jakarta - Polisi menggelar rekonstruksi kasus pencurian kabel di gorong-gorong. Pelaku pencurian menggunakan modus sebagai pemulung yang membawa gerobak dan karung untuk mengangkut kabel hasil operasi.

"Mereka masuk (ke gorong-gorong) pagi, menurut mereka pengamanan pagi agak kendor," ujar Kasubdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdailing) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Adi Vivid di lokasi rekonstruksi di depan Wisma Antara, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2016).

Mereka menyaru sebagai pemulung. "Mereka membawa gerobak, menjadi pemulung. Di Jalan Abdul Muis bawa karung," jelas Adi.

Di gorong-gorong pelaku menemukan kabel yang sudah lama tak terpakai. Menurut perkiraan polisi, kabel yang dicuri pelaku berusia sekitar 30 tahun.

Adi menjelaskan, aktivitas pelaku tidak kelihatan kerena seluruh pengerjaan pemotongan kabel dilakukan di dalam gorong-gorong. Biasanya pelaku akan masuk ke dalam gorong-gorong pada waktu pagi hari dan keluar pada pagi keesokan harinya.

"Mereka bawa bekal, bawa nasi, bisa makan di sana. Ada terpal di sana, digelar untuk makan," terangnya.

Tersangka dalam kasus ini ada 6 orang. Mereka mencuri kabel yang sudah tidak berfungsi yang tertanam di gorong-gorong. Mereka menguliti kabel, mengambil tembaganya dan meninggalkan bungkusnya di dalam gorong-gorong. Sampah bungkus kabel yang menggunung inilah yang kemudian memicu genangan di ring 1.

Para tersangka dikenakan pasal pencurian dengan pemberatan dengan maksimal kurungan 7 tahun penjara. Polisi saat ini tengah mengejar para penadah di dua lokasi yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics