80% daftar nama di kasus Panama Papers sudah terkonfirmasi

Posted by Alnindo News on Jumat, 22 April 2016

ALNews Jakarta - Teten Masduki selaku Kepala Staf Presiden (KSP) mengatakan bahwa pemerintah telah membahas soal bocornya isi data Panama Papers yang memuat Ratusan nama-nama pengusaha dan konglomerat dari Indonesia. Teten mengatakan, Daftar nama tersebut sudah terkonfirmasi sekitar 80 persen dari data-data yang ada di Ditjen Pajak.

"Sesuai arahan dari Presiden beberapa waktu lalu, saya sudah melakukan koordinasi dengan Kemlu, Kemenkeu, Dirjen Pajak, PPATK, KPK, Polri dan Kejaksaan, BI dan OJK guna menyikapi dan memfollow up persoalan kasus Panama Papers. Seperti yang sudah disampaikan oleh Menteri Keuangan, daftar nama di Panama Papers itu sudah terkonfirmasi 80 persen dari data di kantor pajak," jelas Teten di Kantor KSP, Gedung Bina Graha Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada hari Jumat (22/4/2016).

"Sesuai dengan rencana Presiden untuk mengeluarkan tax amnesty, jadi sebenarnya ini satu bagian dari itu, bagaimana ada capital inflow, ada aliran dana yang masuk dari dana-dana orang Indonesia yang ditaruh di luar negeri lewat pendekatan pajak," kata aktivis antikorupsi ini.

Rencana kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) dirasa tetpat untuk diterapkan. Melalui kebijakan itu, akan ada dana masuk yang besar untuk negara. dan Dengan terkonfirmasinya data-data di Panama Papers, Teten juga menambahkan bahwa Ditjen Pajak itu menjadi leading sektor dalam masalah ini.

"Meski demikian, dari aspek pidana kalau memang nanti ada dana-dana itu yang bersumber dari hasil kejahatan atau pencucian uang itu bukan tidak diabaikan. Namun yang terpenting adalah  bagaimana menarik uang itu ke dalam negeri, sehingga bisa menjadi sumber dana pembangunan. Nanti minggu depan akan dirapatkan kembali bersama Presiden. dan pada Intinya, kita sejalan ini dengan pengusulan tax amnesty. Jadi tax amnesty akan menjadi sebuah payung hukum supaya ada aliran, kita menarik kembali dana-dana tersebut," jelas Teten.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics