Home » , , , , , , , , , , , » Info Kesehatan : Study Penelitian Gejala Penuaan dini pada Pasien Pengidap HIV

Info Kesehatan : Study Penelitian Gejala Penuaan dini pada Pasien Pengidap HIV

Posted by Alnindo News on Rabu, 27 April 2016

Tahukah Anda ? bahwa Human Immunodeficiency Virus (HIV) sudah ditemukan sekitar 30 tahun yang lalu. Namun baru kali ini peneliti dapat menjelaskan berapa lama infeksi HIV tersebut berlangsung hingga dampaknya terhadap tubuh dalam jangka panjang.

Bedasarkan dari laporan yang diterima oleh peneliti tentang profil pasien yang mengidap HIV dewasa ini. Mereka berulang-ulang dilaporkan mengalami komplikasi organ tubuhnya yang mana tidak ada kaitannya dengan virus HIV itu sendiri seperti kanker usus, terutama pada pasien pengidap HIV dengan usianya yang paruh baya.

Dr Howard Fox dari University of Nebraska Medical Center mengatakan semakin bertambahnya usia pasien, para dokter semakin sering menemukan gejala munculnya penyakit yang berkaitan dengan penuaan namun tidak berhubungan dengan virus tersebut.

Hal tersebut mendorong para tim peneliti dari University of Nebraska dan University of California-San Diego untuk mengamati DNA 137 pasien pengidap HIV dan membandingkannya dengan DNA 44 orang yang sehat.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa pengidap HIV mengalami perubahan pada DNA mereka. yang menarik dari hasil penelitian tersebut adalah, perubahan itu umumnya ditemukan pada orang-orang yang usianya lima tahun lebih tua. Artinya, keberadaan HIV memicu penuaan pada sel-sel pasien.

Para Peneliti juga memperkirakan penuaan sel yang dialami pasien HIV ini pada akhirnya menyebabkan kenaikan risiko kematian hingga sebesar 19% jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengidap HIV dengan usia sebaya.

"Perubahan tersebut bisa menjadi kunci untuk memahami efek jangka panjang infeksi HIV, dan mungkin kedepannya kita bisa memprediksi lamanya usia pasien pengidap HIV secara akurat," simpul Howard yang kami kutip dari ABC News. (Red)

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics