Home » , , , , , , » Kabar Tekno : Bill gates sang CEO Microsoft

Kabar Tekno : Bill gates sang CEO Microsoft

Posted by Alnindo News on Senin, 25 April 2016

Kilas Teknologi - Microsoft, sepandai-pandainya seorang Bill Gates, tetap saja ia manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Bill Gates mendirikan dan memimpin Microsoft menjadi raksasa teknologi yang disegani dan dikenal di sealuruh dunia. Dia telah menjadi CEO perusahaan software terbesar dunia itu hingga tahun 2000.

Brad Silverberg selaku mantan Senior Vice President Microsoft mengatakan, Gates yang masih orang terkaya di dunia hingga sekarang membuat dua kesalahan terbesar saat memegang Microsoft. Yaitu keenggannannya mendekati atau melobi pemerintah dan kegagalannya dalam mengambil manfaat maksimal dari internet.

Brad menambahkan bahwa Bill memilih untuk tidak terlibat dengan pemerintah atau politisi karena dia yakin perusahaannya sudah berkompetisi dengan fair. Namun pendekatan itu terbukti tidak berhasil. Otoritas di Amerika Serikat dan Eropa di kemudian hari menyerang Microsoft.

Dikutip dari Business Insider, Brad juga mengatakan "Kesalahan terbesarnya adalah Bill tidak terlibat, baik dirinya maupun perusahaan, dalam proses politik semenjak dini. Ketika kompetitor Microsoft dengan efektif melobi pemerintah, sikap Bill adalah pemerintah harus jauh jauh dari Microsoft,".

Hingga pada Tahun 2000, Microsoft dinyatakan bersalah melanggar hukum antitrust karena melakukan bundling browser Internet Explorer di Windows sehingga tidak fair bagi browser buatan pihak ketiga. Di Eropa, Microsoft juga terkena kasus yang sama.

Meskipun Microsoft berhasil menyelesaikannya, Brad meyakini bahwa kasus tersebut mengikis dominasi Microsoft. Selain kesalahan ini, Brad menyatakan kalau Gates mengesampingkan bisnis internet karena dia terlalu ingin melindungi Windows.

"Bill juga kesulitan merespons kesempatan dan ancaman internet. Ini memang dapat dipahami. Ketika Anda memiliki Windows di tahun 90-an, mengapa harus ada perubahan?" kata Brad.

"Pandangan Bill adalah untuk melindungi Windows dan tidak memiliki strategi. Hasilnya, posisi strategis Microsoft turun di tahun 2000-an. Sekarang mereka coba menghadapi kenyataan baru dan membuat perubahan," ia menambahkan.

Itu sebabnya Microsoft tak dominan di bisnis mesin cari online atau media sosial, kalah telak dari Google dan Facebook. Namun terlepas dari kesalahannya, Brad sangat hormat pada Bill dan tetap saja dia adalah salah satu CEO terhebat sepanjang masa.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics