Skandal Panama Papers

Posted by Alnindo News on Senin, 11 April 2016

PANAMA CITY, ALNews - terkait dari bocornya data dari firma Mossack Fonseca, Kejaksaan Agung Panama telah menyatakan segera melakukan investigasi.(4-4-16)

"offshore" adalah perusahaan yang dibuat di luar negeri, terutama di negara-negara yang  menjadi "surga pajak", yang sengaja dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menghindari pajak atau pencucian uang.

Beberapa fakta yang dibeberkan di media nasional dan internasional dengan istilah 'Panama Papers' telah menjadi subyek investigasi kriminal," demikian pernyataan Kejaksaan Agung Panama kepada media.

Data yang bocor tersebut berisi pengungkapan berbagai data perusahaan "offshore" yang mengelola aset dan kekayaan milik ribuan politisi, dan selebriti serta bintang olah raga dunia yang sengaja demi menghindari pajak.

Dari kejadian diatas, Penyidikan ini bertujuan untuk memastikan adanya tindak kriminal yang terjadi dan para pelaku tindakan kriminal tersebut. kemudian firma hukum Mossack Fonseca pun mengatakan bahwa bocornya 11,5 juta dokumen dari server mereka merupakan sebuah "peretasan terbatas".

Salah satu pendiri Mossack Fonseca, Ramon Fonseca mengatakan bahwa kebocoran data tersebut merupakan serangan terhadap Panama yang memiliki independensi dalam sektor finansialnya.

Juan Carlos Varelaa selaku Presiden Panama mengatakan bahwa negaranya akan bekerja sama dengan pemerintah dan penyidik manapun untuk menyelesaikan skandal ini.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics