Home » , , , , , , , , , , » Total Rp.11.450T dana orang RI yang tersimpan di 28 Negara Tax Heaven

Total Rp.11.450T dana orang RI yang tersimpan di 28 Negara Tax Heaven

Posted by Alnindo News on Kamis, 14 April 2016


ALHot News - Panama Papers, Beberapa Orang Indonesia yang tercatat menyimpan harta di 28 tempat yang disebut sebagai surga pajak (tax haven). dari -Harta-harta tersebut ada yang dalam bentuk simpanan maupun aset, yang mana nilainya lebih besar dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sendiri, yang hingga akhir tahun 2015 lalu mencapai Rp 11.450 triliun.

Surga yang menjadi favorit orang Indonesia diantaranya adalah Cook Island, dan Singapura, serta British Virgin Island (BVI). Sedangkan Panama berada pada urutan yang cukup jauh.

"Yang Paling banyak di BVI," sebutnya.

Sedangkan untuk di Wilayah lain, ada pun yang disebutkan di antaranya adalah Swiss, Belizo, Kosta Rika, Angulilla, Wyoming, Nevada, Bahama, Caymand Island, Luksemburg, dan Uruguay. Lainnya masih dalam penelitian lebih lanjut.

"Saya masih meneliti lagi," imbuhnya Ken.

Ken juga menjelaskan, bila mendirikan perusahaan baru atau yang disebut Special Purpose Vehicle (SPV), sebenarnya tidak ada kesalahan bagi orang Indonesia untuk meletakkan dana di wilayah surga pajak.

Selain perusahaan swasta,ada juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendirikan SPV. ken juga menjelaskan  bahwa Ini memang dikarenakan kebutuhan bisnis, seperti investasi di negara lain atau penarikan pinjaman dari bank internasional.

"SPV sebenarnya dalam segi bisnis itu biasa," terangnya.

Namun yang menjadi perhatian disini adalah pembayaran pajak dan laporan dana pada Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. Bila hal-hal tersebut sudah terpenuhi, maka tidak ada permasalahan yang harus diributkan.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics