Home » , , , , , , , , , , » Waspadai Blepharitis dan Glaukoma, Kurangi menatap layar Gadget

Waspadai Blepharitis dan Glaukoma, Kurangi menatap layar Gadget

Posted by Alnindo News on Selasa, 19 April 2016

Info Kesehatan dan Perkembangan Teknologi, Alat komunikasi saat ini berkembang sangat pesat dengan kemajuan teknologi yang hampir berjalan terus-menerus salah satunya adalah Gawai atau sebut juga gadget contoh smartphone, tablet PC, atau komputer kini hampir digunakan sehari-hari dan bahkan menjadi ketergantungan.

Tahukah anda ?, salah satu efek yang bisa dialami jika seseorang terlalu lama menatap layar gadgetnya adalah kemungkinan besar terjadinya blepharitis.

Blepharitis adalah kondisi di mana kelopak mata akan menjadi merah dan bengkak. Kondisi ini dapat terjadi akibat mata yang terlalu lama terpaku pada layar, baik itu pada ponsel, tablet, atau laptop sekalipun.

Seperti dikabarkan oleh surat kabar london yang mana menjelaskan tentang Data dari Moorfield's Eye Hospital di London menyatakan banyaknya pekerja kantoran yang mencari bantuan medis untuk mengatasi rasa sakit dan kemerahan pada mata mereka yang disebabkan penggunaan komputer terlalu lama dari pagi hingga sore bahkan malam hari.

dan dilaporkan juga oleh Evening Standard, bahwa gejala yang banyak dikeluhkan oleh para pasien adalah kekeringan pada kelopak mata, kelelahan, dan mata bengkak, atau perasaan mata seperti berpasir. Daniel Ezra selaku konsultan ahli mata dan ahli bedah oculoplastic di Moorfields mengatakan beberapa orang tetap memaksa bekerja meski mata mereka sudah merah, itulah yang harus dirubah dan dihindari.

"Dari Pola kerja tersebut dapat berakibat kerusakan pada mata yang serius dan bisa menimbulkan kebutaan untuk jangka waktu panjang," jelas Ezra yang dikutip dari media Fox News.

Ezra juga memperkirakan blepharitis sudah menimpa hampir 15 persen orang yang harus bekerja di depan layar di London hingga saat ini. Disebutkan, penyebab kondisi ini yaitu menurunnya frekuensi kedipan mata saat seseorang memandang layar monitor baik pada layar ponsel maupun komputer dan TV.


Kenapa demikian ? karena Ketika mata kurang berkedip, air mata akan menguap dan menyebabkan stres pada sel yang disebut corea. Ditambah lagi, penggunaan AC pada ruangan berkantor akan menyebabkan penguapan lebih cepat. Stres pada corea ini akan menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan.

Dari kasus di atas ini pun salah satu akibat dari menatap layar terlalu lama, beberapa waktu lalu seorang wanita asal China mengalami kerusakan pada indra penglihatannya setelah menonton drama Korea selama 18 jam. Wanita ini didiagnosis glaukoma akut yang bisa mengakibatkan kebutaan.

Nah, dari kasus diatas ada beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya blepharitis. yaitu dengan cara menurunkan tingkat pencahayaan pada layar (Meredupkan cahaya pada layar), dan cobalah berkedip lebih sering, sediakan obat tetes mata, dan pastikan secara rutin untuk bangun dari tempat duduk dan memberikan mata Anda waktu istirahat sejenak. Jika muncul gejala seperti tesebut diatas tadi maka segera cari pertolongan medis sebelum menjadi parah. Ingatlah bahwa menjegah lebih baik daripada mengobati. karna sehat itu mahal.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics