Home » , , , , , , , , » Bocah 10 Tahun Ini Alami Alergi Kulit Parah Akibat Pakai Henna Hitam

Bocah 10 Tahun Ini Alami Alergi Kulit Parah Akibat Pakai Henna Hitam

Posted by Alnindo News on Senin, 09 Mei 2016

Info Kesehatan - Jakarta, Seorang bocah 10 tahun asal Inggris dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports mengalami reaksi alergi parah terhadap henna hitam yang ia pakai saat berlibur di Spanyol. Pada kulit yang terpapar henna muncul ruam merah serta infeksi bakteri sehingga tangan sang bocah dilaporkan membengkak dan apabila disentuh menimbulkan sensasi panas.

Dikutip dari Live Science, spesialis anak dr Jaya Sujatha Gopal-Kothandapani dari University of Sheffield yang menangani kasus mengatakan alergi dan infeksi tersebut bisa saja berujung fatal namun berkat penanganan cepat maka nyawa sang bocah tak terancam. Diduga pemicu dari kejadian ini adalah kandungan pewarna tekstil para-phenylenediamine (PPD) yang sering dicampurkan dalam henna hitam agar warna lebih cepat meresap dan bertahan lama.

Dr. Gopal mengatakan PPD umumnya dipakai untuk cat rambut sehingga memang tak cocok untuk kulit dan diketahui berisiko menimbulkan reaksi alergi. Terlebih dalam henna hitam menurut dr Gopal tingkat PPD yang terkandung bisa lebih banyak dengan konsentrasi sampai 30 persen sementara dalam cat rambut saja konsentrasi PPD-nya hanya sekitar 6 persen.

Lalu bagaimana kita bisa tahu henna yang dipakai adalah yang telah dicampur PPD? Menurut dr Eddy Karta, SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan, kandungan PPD dalam henna pewarna temporer bisa diketahui dari reaksi yang terjadi.

"Henna akan memberi warna di kulit setelah lama dioleskan. Jika warna hitam segera terjadi sebelum 30 menit, maka tinta temporer tersebut bisa dipastikan mengandung PPD. Setelah 3 hari pengolesan dapat timbul reaksi alergi kulit merah gatal dan panas," tutur dr Eddy.

Untuk mengatasinya seseorang perlu menemui dokter agar bisa diberikan obat antihistamin. Obat bekerja dengan menghentikan pelepasan histamin penyebab dari rasa gatal yang menyertai alergi.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics