Home » , , , , , , , , » Hindari Kombinasikan 5 Makanan Ini dengan Obat-obatan

Hindari Kombinasikan 5 Makanan Ini dengan Obat-obatan

Posted by Alnindo News on Selasa, 10 Mei 2016

Info Tips Kesehatan, Anda mungkin tidak berpikir bahwa makanan ternyata bisa mempengaruhi daya serap obat. Karenanya berhati-hatilah saat konsumsi obat bersamaan dengan makanan.

Makanan sehari-hari bisa berinteraksi dengan obat-obatan. Dilansir dalam Global News (08/05) beberapa makanan ini ternyata bisa timbulkan efek samping jika dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu.

1. Cokelat dan ritalin
Ritalin dikenal luas untuk mengobati gangguan perhatian defisit (ADD). Jika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung kafein seperti cokelat dapat meningkatkan efek obat.

2. Alkohol dan insulin
Alkohol perlu dihindari oleh penderita diabetes. Jika Anda sedang menjalani pengobatan insulin atau konsumsi obat diabetes, satu gelas minuman ini dapat menurunkan glukosa darah yang sebabkan hipoglikemia.

Selain itu, obat diabetes atau obat penghilang rasa sakit juga tidak boleh dikonsumsi bersama alkohol. Hal ini dapat sebabkan tekanan pada hati Anda.

Sehingga Anda perlu menghindari konsumsi obat dengan alkohol. Karena akan tingkatkan risiko efek samping seperti mengantuk hingga kerusakan hati.

3. Jeruk nipis dan obat batuk
Jeruk nipis mengandung enzim yang dapat memecah obat-obatan, termasuk dextrosethorphan. Jika ini dikombinasikan, akan sebabkan Anda lebih cepat mengantuk. Atau bahkan jika dosisnya tinggi, bisa sebabkan halusinasi.

4. Rumput laut dan obat anti tiroid
Obat anti tiroid biasanya sering dikonsumsi oleh penderita hipertiroidisme. Penyakit ini perlu membatasi konsumsi makanan kaya yodium. Akan tetapi jika konsumsinya banyak bersamaan dengan obat anti tiroid akan sebabkan interaksi obat menjadi kurang efektif.

5. Susu dan antibiotik
Produk olahan susu seperti susu, yoghurt dan keju dapat mengganggu penyerapan beberapa jenis antibiotik, termasuk tetrasiklin dan cipro. Kalsium dalam produk susu dapat mengikat antibiotik selama proses pencernaan, membentuk senyawa yang dicerna dan menunda penyerapan obat.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics