Home » , , , , , , , , » Pemerintah Imbau Masyarakat Manfaatkan Mudik Gratis: Antisipasi MACET menjelang Lebaran

Pemerintah Imbau Masyarakat Manfaatkan Mudik Gratis: Antisipasi MACET menjelang Lebaran

Posted by Alnindo News on Selasa, 31 Mei 2016

Berita Harian Online Masakini - Kilas Brebes, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto menjabarkan kesiapan Kemenhub jelang Ramadhan dan Lebaran tahun 2016. Khusus angkutan lebaran tingkat nasional, Pudji masih memprediksi kendaraan umum masih belum terlalu diminati masyarakat untuk mudik.

"Untuk angkutan jalan memang ada penurunan tapi penggunaan kendaraan pribadi meningkat. Sampai saat ini kendaraan umum masih kurang diminati," ujar Pudji dalam pemaparan di rapat koordinasi lintas batas jelang Ramadhan dan Lebaran 2016 di Hotel Grand Dian, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (31/5/2016).

Apabila dihitung melalui presentase, Pudji mengaku penurunan masyarakat yang menggunakan angkutan umum darat pada tahun ini menurun hingga 7,87 persen. Untuk menyikapinya, Dirjen Perhubungan Darat selalu mensosialisasikan adanya mudik gratis bagi seluruh pemudik. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di jalur mudik.

"Pemerintah tahun ini telah menyiapkan anggaran 4x lipat untuk mudik gratis, sehingga mempermudah pengguna sepeda motor. Hal ini perlu disosialisasikan lagi, sehingga dapat mengurangi kemacetan saat arus mudik hingga arus balik," kata Pudji.

Dia mengimbau masyarakat yang ingin mudik pada lebaran tahun ini, agar memanfaatkan kegiatan mudik gratis. 

"Ada beberapa perusahaan yang melaksanakan kegiatan mudik gratis di Jakarta, ke beberapa daerah di Pulau Jawa. Kami harap masyarakat dapat memanfaatkannya," jelas dia.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics