Home » , , , , , » Siapkan Mudik Gratis untuk 24 Ribu Penumpang, Kemenhub Anggarkan Rp 20 M

Siapkan Mudik Gratis untuk 24 Ribu Penumpang, Kemenhub Anggarkan Rp 20 M

Posted by Alnindo News on Jumat, 13 Mei 2016

Kilas Jakarta - Program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menyediakan slot untuk 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang. Jumlah ini meningkat 275% dari tahun sebelumnya.

Tahun ini, Kemenhub menganggarkan Rp 20 miliar untuk menyukseskan program tahunan tersebut. Tanggal keberangkatan yakni 1 Juli 2016 untuk sepeda motor dan 2 Juli 2016 untuk penumpangnya.

"Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang dengan total anggaran Rp 20 miliar," kata Kabiro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamurahardjo, dalam keterangan tertulis kepada media, Jumat (13/5/2016)

Kuota 12 ribu sepeda motor akan dibagi menjadi 8.400 untuk arus mudik dan 3.600 untuk arus balik. Sementara itu untuk kuota penumpang 24 ribu akan dibagi menjadi 16.800 penumpang untuk arus mudik dan 7.200 untuk arus balik.

"Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis pemudik sepeda motor 2016 untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016," terang Hemi.

"Sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik. Hal ini merupakan fokus kerja Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, meningkatkan kapasitas, serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat," tuturnya.

Selain mudik gratis sepeda motor dengan bus, Kemenhub juga sebelumnya telah membuka pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor dengan kereta api. Pendaftaran sudah dibuka sejak 8 Maret 2016 dan ditutup pada 6 Juni 2016 mendatang.

"Tahun 2015 lalu, kuota subsidi angkutan mudik motor gratis menggunakan angkutan kereta api sebesar 9.900 motor, sedangkan pada tahun 2016 jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor," jelas Hemi.

Ada tiga lintasan tujuan kereta api yang ditawarkan Kemenhub untuk dipilih pemudik. Lintasan utara kereta akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

Sementara itu untuk lintasan selatan 1 kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintasan selatan 2 kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics