Home » , , , , , , , , , , , » Van Gaal di MU: 103 Pertandingan, 54 Kemenangan, 1 Trofi

Van Gaal di MU: 103 Pertandingan, 54 Kemenangan, 1 Trofi

Posted by Alnindo News on Selasa, 24 Mei 2016


Manchester - Berakhir sudah era Louis van Gaal di Manchester United. Catatan manajer asal Belanda itu bersama The Red Devils tak bisa dibilang mengesankan.

Van Gaal datang ke Old Trafford pada musim panas 2014 untuk menggantikan David Moyes yang gagal total. Dia dikontrak selama tiga tahun oleh MU.

Van Gaal diharapkan bisa mengangkat prestasi MU yang saat itu sedang terpuruk. Dia bermodal reputasi bagus bersama tim-tim yang sebelumnya dia latih. Sebelum melatih MU, dia berhasil mengantarkan tim nasional Belanda meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2014.

Pada musim pertamanya di MU, Van Gaal mampu meloloskan klub tersebut ke Liga Champions meski MU kemudian langsung tersingkir di fase grup. Pada musim kedua Van Gaal, MU cuma finis di posisi kelima klasemen Premier League dan gagal lolos ke Liga Champions.

Trofi Piala FA musim ini menjadi gelar pertama sekaligus satu-satunya gelar yang diberikan Van Gaal untuk MU. Trofi tersebut tak cukup untuk menyelamatkan pria berusia 64 tahun itu dari pemecatan.

Dengan besarnya dana transfer yang sudah dihabiskan Van Gaal, MU merasa mereka tak meraih hasil yang sepadan. Mereka pun mengumumkan pemecatan Van Gaal pada Senin (23/5).

Selama dua musim bekerja di MU, Van Gaal memimpin tim pada 103 pertandingan di semua kompetisi. Dari 103 pertandingan tersebut, MU menang 54 kali, imbang 25 kali, dan kalah 24 kali, mencetak 158 gol dan kemasukan 98 gol. 

Persentase kemenangan Van Gaal di MU cuma 52,43%. Angka tersebut adalah yang paling rendah dibandingkan catatan Van Gaal di tim-tim sebelumnya.

Persentase kemenangan Van Gaal di MU lebih buruk daripada periode pertama Van Gaal di timnas Belanda (2000-2002) dan periode keduanya di Barcelona (2002-2003), di mana dia mencatat persentase kemenangan 53,33%.

Meskipun demikian, Van Gaal mendapatkan pujian karena telah mengorbitkan pemain-pemain muda MU, seperti Marcus Rashford, Cameron Borthwick-Jackson, Paddy McNair, Timothy Fosu-Mensah, dan lain-lain. 

"Saya berterima kasih kepada para pemain saya dan mendoakan yang terbaik untuk mereka musim depan," ujar Van Gaal dalam pernyataannya yang dilansir situs resmi MU.

"Menyenangkan bekerja bersama mereka dan sangat puas melihat begitu banyak pemain muda memanfaatkan kesempatan mereka untuk menembus tim utama dan tampil bagus. Saya ingin melihat perkembangan lebih lanjut dari pemain-pemain muda ini pada musim depan," katanya.

MU santer dikabarkan akan menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti Van Gaal.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics