Home » , , , , , , , » 2 Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Potong Rp 25.500/Kg

2 Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Potong Rp 25.500/Kg

Posted by Alnindo News on Selasa, 21 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini, Jakarta -Sejumlah harga pangan saat ini masih mahal. Menjelang Lebaran, sejumlah pedagang mengaku harus menaikkan harga, termasuk harga daging ayam potong di Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Berdasarkan hasil sidak dilapangan, harga daging ayam potong saat ini mengalami kenaikan Rp 2.500/kg. Harga beli ayam potong hidup hari ini Rp 25.500/kg, sementara kemarin harganya Rp 23.000/kg. Pedagang mengaku hal ini diakibatkan oleh penahanan stok dari peternak, yang saat ini menunggu hingga Lebaran untuk dapat dijual dengan bobot lebih besar.

"Biasanya yang kecil dikeluarin untuk konsumen 1 ekor potong 4. Tapi sekarang karena mau Lebaran jadi ditahan supaya bobotnya lebih besar. Yang ngeluarin sekarang 40% dari stok peternak. Padahal saya biasanya jualnya itu. Untuk peternak enak karena itu lebih untung, tapi di kita permintaan banyak, stok kurang. Jadi malah susah jual ya," kata Laras, salah seorang penjual daging ayam di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Selasa (21/06/16).

Sementara itu untuk ayam kalasan yang biasa menjadi pengganti ayam kampung, juga mengalami kenaikan harga yang tadinya Rp 34.000/kg menjadi Rp 36.500/kg.

"Ini ayam kalasan gantinya ayam kampung (75% rasa ayam kampung), biasanya dijual untuk restoran-restoran juga naik. Ini seekor sekarang modalnya Rp 27.500, biasanya Rp 24.000. Jual Rp 28.000 ribu saja susah. Kalau Lebaran naik terus mending saya nggak jualan. Susah jualnya. Rugi sih nggak, tapi jualnya susah," tambahnya.

Laras mengaku penjualan di waktu Ramadan tahun ini mengalami penurunan. Selain dikarenakan akses saat ini ke Pasar Rumput sulit karena sedang mengalami renovasi, sehingga konsumen cenderung malas untuk berbelanja, tren untuk hemat menjelang hari masuk sekolah juga menjadi salah satu faktor penjualan menurun.

"Lebaran tahun ini jangan berharap ramai pasar. Karena orang lagi irit buat biaya masuk sekolah, bertepatan waktunya. Tapi nggak tahu juga ya, katanya kan ada gaji ke-13 itu," pungkasnya.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics