Home » , , , , , , , , » Kayumanis dan Kunyit, Rempah yang Bisa Bikin Suasana Hati Ceria

Kayumanis dan Kunyit, Rempah yang Bisa Bikin Suasana Hati Ceria

Posted by Alnindo News on Senin, 20 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini, Beberapa penelitian dan publikasi gizi menunjukkan bahwa jenis makanan tertentu punya kemampuan membuat bahagia. Termasuk herba dan rempah-rempah yang punya sifat antidepresan alami.

Ada makanan yang disebut bisa meningkatkan suasana hati. Misalnya asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan mengandung minyak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, herba dan rempah juga punya kemampuan antidepresan. Memberi dorongan pada pikiran dan tubuh dengan keragaman rasanya. Berikut beberapa jenis rempah dan herba yang membuat bahagia, seperti dilansir dari The Malay Mail.


1. Saffron
 
Aroma saffron sudah membawa indera penciuman pada perjalanan jauh. Dianggap sebagai rempah kebahagiaan dalam pengobatan Timur tradisional, sebuah studi di Iran tahun 2015 menunjukkan saffron memiliki efek sama seperti antidepresan. Ini diyakini bisa memperbaiki masalah berkaitan dengan suasana hati dan depresi. Begitu juga dengan masalah kebiasaan seperti ngemil.

Saffron biasa dipakai pada hidangan India. Tak hanya itu, saffron menjadi kunci pada sajian paella Spanyol, risotto Italia dan sup ikan bouillabaisse dari Prancis Selatan. Tapi disebutkan bahwa saffron tidak direkomendasikan bagi ibu hamil atau anak dibawah usia 6 tahun.

2. Kayumanis


Aroma berempah dari kayumanis memberi sensasi hangat dan menstimulasi neuron. Baik dalam bentuk batangan atau bubuk, kayumanis bisa mempengaruhi fungsi otak dengan meningkatkan konsentrasi, memori dan perhatian. Kayumanis juga jadi solusi yang baik untuk meredakan ngidam akan makanan manis.

3. Kunyit


Mirip fungsi saffron, rempah ini juga membuat makanan jadi berwarna kuning terang. Terkenal akan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, kunyit juga menstimulasi pelepasan serotonin selaku hormon kebahagiaan. Banyak sajian India dan Asia Tenggara seperti kari yang memakai kunyit.

4. Rosemary


Rosemary tak hanya memberi rasa sedap pada sajian Mediterania. Tapi herba ini memiliki manfaat medis tersendiri. Rosemary disebut bisa memberi dorongan pada tubuh terkait kelelahan fisik, mental dan depresi. Terutama membantu insomnia dan menenangkan saraf.

5. Thyme


Herba ini adalah bahan kunci dalam sajian Provencal (Perancis tenggara) dan cocok dengan hidangan tomat yang wangi. Seperti rosemary, thyme merupakan herba yang baik dalam menghadapi masalah kelelahan mental, stres dan insomnia.

Thyme mengandung lithium, mineral dengan sifat antidepresan. Selain itu, ada juga kandungan asam amino triptofan digunakan dalam membentuk serotonin yang penting untuk tidur. Thyme pun menstimulasi pikiran dan menenangkan saraf. Cobalah konsumsi teh herbal dengan basis campuran rosemary dan thyme.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics