Home » , , , , , » Langkah Pemerintah Untuk Menambah Lapangan Kerja

Langkah Pemerintah Untuk Menambah Lapangan Kerja

Posted by Alnindo News on Rabu, 08 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini - Jakarta, Seiring melemahnya pertumbuhan ekonomi dan melemahnya harga komoditas, angka pengangguran di Indonesia juga turut meningkat. Ini merupakan tantangan berat yang harus dihadapi pemerintah yang harus tetap menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Ia mencontohkan, daerah yang bergantung pada Sumber Daya Alam angka penganggurannya meningkat signifikan.

"Seperti Kaltim misalnya, dan daerah yang bergantung tambang, kami lihat terjadi kenaikan pengangguran cukup signifikan," kata Kepala Bappenas Sofyan Djalil, di Gedung DPR, Selasa (7/6/2016) malam.

Pemerintah melakukan beberapa hal untuk menambah lapangan pekerjaan. Yang pertama, pemerintah keluarkan paket kebijakan untuk ciptakan iklim investasi yang bagus karena dapat menciptakan lapangan kerja.

"Pemerintah juga memberikan KUR dari 12% menjadi 9% sehingga usaha mikro bisa lebih berkembang," kata Sofyan.

Yang kedua, pemerintah juga membangun kawasan industri di luar Jawa dan memberi insentif ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk menambah lapangan pekerjaan.

"Pemerintah yakin pariwisata ada modal sedikit, akan menciptakan lapangan kerja lebih besar. Inilah langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk kurangi lapangan kerja, meskipun tidak langsung." jelas Sofyan.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics