Home » , , , , , , , , » Ragam Penyebab Impotensi: Sakit Hati Hingga Penyakit Kencing Manis

Ragam Penyebab Impotensi: Sakit Hati Hingga Penyakit Kencing Manis

Posted by Alnindo News on Selasa, 14 Juni 2016





Berita Harian Online Masakini - Info Kesehatan, Impotensi atau disfungsi ereksi merupakan mimpi buruk setiap pria. Lalu, kira-kira apa saja yang dapat menyebabkan impotensi?


Pakar kesehatan meyakini impotensi dan disfungsi ereksi sangat erat kaitannya dengan gaya hidup. Kurang tidur dan terlalu sering konsumsi junk food misalnya, diketahui merusak sistem peredaran darah yang membuat penis sulit ereksi.

Lalu selain itu, apa lagi penyebab impotensi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ragam penyebab impotensi:

1. Diabetes

Dikenal juga dengan nama penyakit gula dan kencing manis, diabetes bisa memicu beragam komplikasi jika tidak tertangani. Salah satunya adalah merusak pembuluh darah, termasuk yang menuju ke penis. 

Jika hal itu terjadi, maka ereksi menjadi semakin sulit terjadi. Menurut data, 50 persen pengidap diabetes juga menjalami disfungsi ereksi.

2. Sakit jantung

Disfungsi ereksi dan penyakit jantung sama-sama berhubungan dengan kondisi pembuluh darah. Seseorang yang susah mengalami ereksi, sangat mungkin menandakan gejala awal adanya masalah di jantung.

"Pembuluh darah di penis hanya 1-2 mm, jauh lebih kecil daripada arteri di jantung, sehingga memunculkan gejala lebih cepat," kata Dr Graham Jackson, kadriolog yang juga ketua Sexual Advice Association.

Menurut Dr Graham, impotensi muncul rata-rata 3 tahun sebelum seseorang menyadari ada masalah dengan jantung. Pada usia 40-50-an tahun, laki-laki dengan disfungsi ereksi 50 kali lebih rentan mengalami masalah dengan jantung.

3. Kelebihan berat badan

Masih terkait dengan pola hidup sehat, kegemukan adalah salah satu pemicu disfungsi ereksi yang perlu diperhitungkan. Kevin Billups, M.D, seorang urologis dari University of Minnesota menyebut kegemukan bisa merusak pembuluh darah yang menuju penis dan membuatnya susah ereksi. Karenanya, ia selalu meminta pasien yang datang dengan keluhan susah ereksi untuk berdiri dan melihat ke bawah.

"Jika Anda tidak bisa melihat penis Anda, berarti ada masalah," kata Billups

4. Sakit hati

Dijelaskan psikolog seksual Zoya Amirin sakit hati kepada pasangan juga bisa menyebabkan impotensi. Hal ini disebut sebagai impotensi parsial.

"Misalnya pernah bertengkar hebat sehingga akhirnya istri mengeluarkan kata-kata kasar, memaki atau yang lainnya. Sehingga ketika akan berhubungan intim, suami teringat hal itu dan akhirnya tak bisa ereksi, kehilangan gairah," urai Zoya lagi.

5. Bertengkar dengan ibu

Penelitian terbaru di Praha mengungkap bahwa hubungan ibu dan anak berkaitan juga dengan risiko disfungsi ereksi. Jika semasa kecil seorang pria tidak akur dengan ibunya, kemungkinan untuk mengalami disfungsi ereksi saat tumbuh dewasa akan lebih besar.

"Selain stres, gangguan psikis lain yang dialami pria seperti hubungan yang tak akur dengan ibunya ternyata juga dapat memicu seorang pria untuk mengalami disfungsi seksual," tutur para peneliti seperti dikutip dari Journal of Sexual Medicine.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics