Home » , , , , , , , » Saran Dokter untuk Pasien Hipertensi yang Ingin Mudik Lebaran

Saran Dokter untuk Pasien Hipertensi yang Ingin Mudik Lebaran

Posted by Alnindo News on Selasa, 28 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini, Jakarta, Di penghujung bulan Ramadan orang-orang akan mulai mudik. Terkait hal tersebut, bagi para pasien hipertensi meski kondisinya bukan kendala serius untuk bepergian, tetap saja tak boleh disepelekan.

Seperti dikatakan oleh spesialis jantung dr Rossana Barack, SPJP(K), FIHA, dari RS Metropolitan Medical Center (MMC) bahwa hal terpenting untuk pasien hipertensi yang ingin mudik adalah kepatuhan minum obat. Kadang karena merasa sedang libur dan tak ingin repot pasien melupakan jadwal minum obatnya.

Ketika mudik hitung dan bawa persediaan obat sehingga cukup tak akan habis sebelum nanti kembali ke rumah.

"Obat di bawa, istirahat yang cukup, dan makanan dikendalikan itu paling simpel. Jangan sampai kehabisan jangan sampai ketinggalan," kata dr Rossana yang akrab disapa dr Nako beberapa waktu lalu.

Selain obat lebih jauh dr Nako mengingatkan juga terhadap bahaya stres akibat macet. Untuk pasien hipertensi cukup berbahaya karena merupakan salah satu hal yang bisa memicu tekanan darah untuk naik cepat dalam waktu singkat.

"Kalau kita mau mudik harusnya sudah tau dong apa yang kira-kira akan kita hadapi? Jadi kalau merasa sudah capek atau apa mending istirahat saja. Jangan forsir diri kita," kata dr Nako.

"Kalau tekanan darah dia naik bukan masalah jantung aja yang kita khawatirkan tapi otak, stroke. Kenaikan yang tiba-tiba akan berakibat fatal ke otak," pungkas dr Nako.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics