Home » , , , , , , , , » Sekali Bayar, Mudik Lewat Tol Lebih Hemat Waktu

Sekali Bayar, Mudik Lewat Tol Lebih Hemat Waktu

Posted by Alnindo News on Kamis, 09 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini - Jakarta, Mulai tanggal 13 Juni 2016, pemudik yang menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan dan Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dapat menghemat waktu lantaran transaksi pembayaran lebih ringkas.

Bagi pemudik dari Jakarta yang meneruskan perjalanan hingga Brebes Timur, cukup melakukan transaksi pengambilan kartu di Gerbang Tol Cikarang Utama, melakukan pembayaran di Gerbang Tol Palimanan sekaligus mengambil kartu dan melakukan pembayaran lagi di Gerbang Tol Brebes Timur. 

"Kan tadinya pemudik harus melakukan pembayan di 4 titik. Normal saja, antre 4 titik kalau dikumpulkan bisa 1 jam sendiri. Apa lagi kalau macet. Kalau sudah integrasi seperti ini, waktu tempuhnya lebih bisa dihemat. Cukup bayar di pintu-pintu keluar saja," kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, Kamis (9/6/2016).

Untuk memuluskan integrasi pembayaran tersebut, BPJT sendiri memfasilitasi koordinasi antar bank penyelenggara di tol-tol yang diintegrasikan.

"Jadi akan diintegrasikan sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga yang berlaku di ruas Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi dengan sistem e-payment Bank BCA-LMS yang berlaku di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan," papar dia.

Herry mengatakan, integrasi akan dilakukan secara resiprokal atau saling menguntungkan antar kedua bank.

"Selain itu akan diupayakan juga membuka akses bagi bank-bank yang memiliki izin penyelenggaraan pembayaran non-tunai untuk bergabung dalam sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga," beber dia.

Aturan penyelenggaran integrasi ini sendiri telah tertuang dalam Nota Dinas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No PW.01.01-P/70 tanggal 12 Mei 2016 tentang integrasi sistem pembayaran tol. 

"Selanjutnya, segala biaya yang timbul akibat integrasi akan diperhitungkan dalam investasi tambahan dan akan dikompensasi sesuai ketentuan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)," pungkas dia.

Perlu diketahui, pemangkasan pintu tol ini tidak menandakan nilai nominal tarif yang harus dibayar pengguna jalan tol. Artinya, hanya proses pembayarannya saja yang dipangkas, namun tarif yang dikenakan di setiap tol yang dilintasi tetap.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics