Home » , , , , , , , , , , » Studi: Rata-rata Orang Baru Sukses Berhenti Merokok Setelah Mencoba 30 Kali

Studi: Rata-rata Orang Baru Sukses Berhenti Merokok Setelah Mencoba 30 Kali

Posted by Alnindo News on Jumat, 24 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini, Jakarta, Bagi pecandu rokok, berhenti dari kebiasaan 'ngebul' bukan perkara yang mudah. Selama ini pun disebutkan setidaknya butuh lima sampai tujuh usaha seseorang untuk berhenti merokok sampai ia benar-benar bisa berhenti dari kebiasaan tersebut.

Namun, disampaikan Dr Michael Chaiton dari University of Toronto, nyatanya studi terbaru yang ia dan timnya lakukan menunjukkan rata-rata upaya berhenti merokok dilakukan lebih dari 5-7 kali sampai seseorang benar-benar bisa berhenti merokok.

"Estimasi upaya berhenti merokok rata-rata yakni 5 sampai 7 kali dari studi sebelumnya hanya berdasar pada ingatan orang-orang yang berhasil berhenti. Tapi, jumlahnya tidak mencakup upaya yang dilakukan orang yang belum berhasil berhenti merokok," kata Chaiton dalam laporannya di jurnal BMJ Open, dikutip dari Daily Mail.

Untuk studi ini, Chaiton dan tim menganalisis data dari 1.277 orang yang terlibat dalam Ontario Tobacco Survey dan diamati selama tiga tahun. Orang tersebut dinyatakan sukses berhenti merokok jika minimal setahun tidak merokok. Untuk memperoleh rata-rata upaya yang dilakukan peserta, peneliti menggunakan empat model statistik berbeda.

"Hasilnya kami menemukan rata-rata mereka baru sukses berhenti merokok ketika mencoba upaya tersebut 30 kali. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari angka sebelumnya. Hal itu bisa terjadi karena menurut kami, bisa saja orang tersebut tak terlalu ingat dengan upaya yang dilakukan, kemudian mereka yang diamati hanyalah yang sudah sukses berhenti merokok," papar Chaiton.

Meski demikian, ia menegaskan pada beberapa orang bisa saja sukses berhenti merokok didapat saat melakukan upaya kurang dari 30 kali. Selain itu, Chaiton menekankan bahwa upaya berhenti merokok seyogianya dibarengi dengan faktor lain misalnya penerapan kebijakan kawasan tanpa rokok dan penggunaan plain packaging pada rokok.

Sementara, Dr John Hugher dari University of Vermont School of Medicine di Burlington yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan studi ini bisa meyakinkan masyarakat ketika mereka belum sukses berhenti merokok setelah 10 kali mencoba, bukan berarti mereka tidak akan bisa berhenti merokok.

"Penting juga bagi mereka yang tengah berusaha berhenti merokok untuk mencari bantuan lain misalnya menjalani terapi atau pengobatan tertentu. Selain memang mereka harus terus mencoba sampai sukses berhenti merokok," tutur Hugher.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics