Home » , , , , , , , , » Teknologi 'Ayam Tabung' Bisa Tetaskan Ayam Tanpa Cangkang Telur

Teknologi 'Ayam Tabung' Bisa Tetaskan Ayam Tanpa Cangkang Telur

Posted by Alnindo News on Senin, 20 Juni 2016

Berita Harian Online Masakini - Ayam umumnya menetas dari dalam cangkang telur, namun kini berubah. Pelajar Jepang membuktikan lewat eksperimen ayam tabung yang unik.

Huffington Post (25/6) melaporkan para pelajar di Oihama High School, Prefektur Chiba mengawali eksperimen dengan memecahkan telur dari cangkangnya. Telur lalu ditempatkan dalam gelas berbungkus plastic-wrap.

Setelah itu telur dibuahi secara artifisial kemudian ditempatkan dalam inkubator bersuhu hangat. Nutrisi tambahan seperti kalsium juga diberikan untuk membantu pertumbuhan embrio ayam.

Lewat eksperimen 'ayam tabung' ini, perkembangan embrio ayam bisa dilihat sangat jelas. Di hari ke-3 sudah terlihat jantung ayam terbentuk. Sementara di hari ke-5 bentuk ayam secara keseluruhan mulai nampak.

Keterangan di video yang diunggah Spoon & Tamago ini menginformasikan ayam bukan terbentuk dari putih ataupun kuning telur. Melainkan dari sel putih berukuran kecil yang ada di kuning telur. Sel ini dinamakan blastoderm.

Setelah 7 hari, blastoderm tumbuh sempurna. Terlihat titik merah di pusat terhubung dengan pembuluh-pembuluh darah di sekitarnya. Perlahan, embrio ayam mulai berbentuk anak ayam kecil di hari ke-21. Saat inilah ayam 'resmi' menetas, meski berasal dari plastik bukan cangkang telur.

Eksperimen unik ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014. Guru Biologi di Oihama High School, Yutaka Tahara bekerja sama dengan Katsuya Obara membuat penelitian berjudul "A Novel Shell-less Culture System for Chick Embryos Using a Plastic Film as Culture Vessels."

Dikutip dari Motherboard (7/6), Tahara menuturkan tingkat keberhasilan eksperimen ini sekitar 60%. Dalam jurnal, Tahara dan rekan mencatat menetaskan ayam dengan cara ini akan membawa impilikasi bukan hanya pada pendidikan, tetapi juga untuk efisiensi generasi ayam transgenik, manipulasi embrio, teknik jaringan, dan studi dasar dalam pengobatan regeneratif.

Meski terlihat sederhana, penetasan ayam dengan metode 'ayam tabung' ini dikatakan cukup sulit dilakukan sendiri di rumah. Terkait lingkungan yang harus sangat steril yang biasanya hanya ada di laboratorium. 


Berikut ini Videonya : 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics