Home » , , » Facebook Uji Komunikasi Berbasis Cahaya

Facebook Uji Komunikasi Berbasis Cahaya

Posted by Alnindo News on Jumat, 22 Juli 2016

ALNews, Jakarta - Para peneliti dari Facebook Connectivity Lab mengembangkan teknologi baru yang suatu hari nanti akan membuat komunikasi wireless berbasis cahaya umum digunakan sehari-hari.

Dikutip dari New York Times, Jumat (22/7/2016), teknologi baru ini akan membuka jalan bagi jaringan cepat wireless optik untuk memberikan layanan internet ke tempat-tempat yang jauh.

"Masih ada banyak orang yang belum terkoneksi ke internet karena infrastuktur komunikasi wireless tidak tersedia di tempat mereka tinggal. Sebagian besar di daerah pedesaan," kata Tobias Tiecke yang memimpin penelitian ini.

Sebagian orang mulai menamai teknologi ini sebagai LiFi. Jika WiFi menggunakan sinyal radio, LiFi menggunakan cahaya untuk mengirimkan data.

Komunikasi berbasis cahaya, menjanjikan untuk menghadirkan internet ke area-area di mana serat optik dan menara transmitter sulit dan mahal untuk diterapkan. Kecepatannya pun diklaim 100 kali lebih kencang ketimbang WiFi tradisional, atau bisa mencapai kecepatan 1 Gbps.

"Kami mendemonstrasikan penggunaan serat optik neon yang menyerap satu warna cahaya dan memancarkan warna lain," kata Tiecke.

Belum diketahui, kapan Facebook akan mulai memanfaatkan teknologi ini. Saat ini, Li-Fi memang masih dalam tahap pengembangan. Yang jelas, dengan teknologi tersebut, Facebook berharap bisa menghadirkan akses internet lebih luas hingga ke daerah-daerah pelosok.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics