Home » , , , » Feedloter: Penggemukan Sapi di RI Salah Satu Yang Paling Efisien di Dunia

Feedloter: Penggemukan Sapi di RI Salah Satu Yang Paling Efisien di Dunia

Posted by Alnindo News on Senin, 18 Juli 2016

Jakarta -Kementerian Pertanian (Kementan) berencana membuka impor sapi siap potong yang sampai saat ini masih dilarang. Impor sapi hidup hanya boleh dilakukan dalam bentuk sapi bakalan untuk kemudian digemukkan oleh feedloter.

Alasan Kementan, sapi siap potong impor dianggap lebih murah 30% ketimbang harga sapi bakalan yang digemukkan oleh feedloter di dalam negeri.

Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo), Joni Liano, menyebut proses penggemukan sapi di Indonesia diakui sebagai penggemukan paling efisien di dunia.

"Kita oleh dunia malah diakui sebagai salah satu negara dengan proses penggemukan paling efisien di dunia, sudah banyak yang mengakui dari luar. Kenapa Australia tidak bersaing dalam penggemukan, karena di sana tidak efisien untuk itu," kata Joni kepada wartawan, Senin (18/7/2016).

Dia menjelaskan, alasan feedloter dalam negeri dianggap paling efisien, lantaran banyak pakan untuk proses penggemukan tersedia melimpah dan murah di Indonesia.

"Kenapa saya sebut murah? Di Indonesia sumber pakannya banyak sekali, semua ada. Hijauan, bungkil sawit, jerami padi itu sangat baik buat penggemukan. Artinya dari limbah itu, sapi yang beratnya 300 kg, bisa jadi 420 kg hanya dalam 3 bulan saja. Itu keunggulan kita," terang Joni.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics