Home » , , , » Keajaiban dari Kepulauan Sangihe, Gunung Berapi Bawah Laut!

Keajaiban dari Kepulauan Sangihe, Gunung Berapi Bawah Laut!

Posted by Alnindo News on Rabu, 20 Juli 2016

 

ALNews, Jakarta - Nama Kepulauan Sangihe sebagai salah satu destinasi wisata selam di Sulawesi Utara, belum setenar Bunaken. Padahal, ada gunung berapi bawah laut di sana!

"Saya dengar ada atraksi underwater volcano. Katanya bisa merasakan buih-buih yang keluar dari gunung bawah lautnya. Ini atraksi yang sangat bagus," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2016) malam.

Dari informasi yang tertera pada situs resmi Kabupaten Sangihe, gunung berapi bawah laut itu berada di bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe. Karena termasuk dalam gunung api, suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang mencapai 37-38 derajat Celcius. Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Tapi waspadalah saat menyelam, terutama jika Anda melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan. Itulah puncak gunung atau titik kepundan. Jangan sekali-sekali memasukkan tangan ke antara gelembung tersebut, karena dapat menyebabkan tangan melepuh.


 
Melihat dari dekat gunung api bawah laut di Kepulauan Sangihe (Hani Azzahra/dTraveler)


Namun yang pasti, gunung berapi bawah laut merupakan salah satu suguhan yang unik menarik bagi para penyelam. Kapan lagi bisa melihat banyak gelembung di dalam air!

Selain memiliki gunung api bawah laut yang dangkal, perairan Pulau Mahengetang juga memiliki alam bawah laut yang cantik. Jika menyelam di perairan ini, Anda bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. Hal inilah yang dirasa menteri pariwisata Arief Yahya, cukup mudah menjual bawah laut Kepulauan Sangihe untuk turis mancanegara.

"Cukup menyelam 4-10 meter, sudah bisa melihat biota laut yang indah. Ini bisa kita jual dengan mudah," tutur Menpar.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics