Home » , , , , » Study Penelitian : Prediksi Epidemi Zika Baru Akan Reda Tiga Tahun ke Depan

Study Penelitian : Prediksi Epidemi Zika Baru Akan Reda Tiga Tahun ke Depan

Posted by Alnindo News on Jumat, 15 Juli 2016

ALNews - Jakarta, Tim peneliti dari The Imperial College London melaporkan dalam jurnal Science bahwa wabah virus Zika kemungkinan baru akan reda dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Alasannya karena pada saat itu virus akan sulit menyebar akibat tinggal sedikit populasi manusia yang belum terinfeksi.

Virus Zika diketahui tak bisa dua kali menginfeksi orang yang sama sehingga apabila jumlah populasi manusia yang pernah terinfeksi sudah pada ambang batas, maka dengan sendirinya penyebaran virus akan mulai meredup. Sampai nanti beberapa tahun kemudian mulai banyak lagi bayi lahir dan terbentuk generasi baru maka virus dapat kembali apabila pada saat itu belum juga ada vaksin yang efektif.

Prediksi diambil setelah peneliti merancang model dari data penyebaran yang ada di Amerika Latin. Tak bisa dipastikan seberapa akurat prediksi karena peneliti hanya melhiat tren penyebaran saat ini saja dengan asumsi tak akan ada perubahan.

Pemimpin studi Profesor Neil Ferguson mengatakan dalam konteks ini adanya upaya pencegahan penyebaran yang dilakukan justru akan semakin memperlama durasi epidemi.

"Memperlambat terjadinya transmisi antar orang ke orang berarti akan semakin lama populasi mencapai tingkat herd immunity (imunitas kelompok -red) yang dibutuhkan agar transmisi bisa berhenti. Ini bisa juga berarti bahwa jarak antar epidemi akan jadi semakin singkat," kata Prof Ferguson seperti dikutip dari BBC, Jumat (15/7/2016).

Karena masih banyak hal yang belum diketahui tentang Zika, ahli virus molekuler Jonathan Ball mengomentari bahwa prediksi benar-benar tak bisa dipastikan keakuratannya. Perlu studi lebih jauh untuk mengetahui sifat kunci dari virus Zika itu sendiri sebelum bisa ada prediksi.

"Sejujurnya masih banyak fakta ilmiah penting tentang Zika yang belum kita ketahui sehingga mustahil memprediksi dengan kepastian apa yang akan terjadi," kata Ball

"Pertanyaan kunci yang belum terjawab seperti misalnya berapa banyak orang yang telah terinfeksi, berapa lama durasi imunitas orang yang telah terinfeksi, apakah ekspos masa lampau terhadap virus yang mirip seperti Dengue dapat memengaruhi kerentanan terhadap Zika, dan apakah ada reservoir virus di alam liar," pungkasnya.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics