Home » » Ketua OJK: Hikmah Tax Amnesty, Bunga Bank Bisa Turun

Ketua OJK: Hikmah Tax Amnesty, Bunga Bank Bisa Turun

Posted by Alnindo News on Jumat, 19 Agustus 2016


ALNews, Jakarta -Masuknya dana repatriasi hasil program tax amnesty bisa memperkuat struktur permodalan bank. Ujung-ujungnya bisa menekan suku bunga.

"Banyak sekali inflow dana, itu memberi angin segar. Hikmahnya tax amnesty, tentu saja ketika dana masuk bisa membuat likuiditas perbankan naik, pasar keuangan jadi likuid, dampaknya apa? Suku bunga bisa turun lagi," Ketua Otoritas Jasa Keungan (OJK), Muliaman Hadad di acara Tax Amnesty & Property Investment, Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Muliaman menjelaskan hal ini di hadapan 500 pengusaha properti dalam rangak sosialisasi pengampunan pajak.

Dia menjelaskan, masuknya dana dari tax amnesty juga menjadi bahan bakar perbankan mengejar pertumbuhan kredit tahun ini yang menargetkan tumbuh 14%.

"Perbankan tahun ini setelah perlambatan ekonomi di awal tahun sudah menargetkan kredit tumbuh 14%. Tapi karena ada penyesuaian jadi 11-12%. Makanya dengan target dana repatriasi Rp 500 triliun, itu bisa bantu bank buat kejar pembiayaan dengan beri kredit Rp 500 triliun," ujar Muliaman.

Diungkapkannya, keputusan repatriasi dana bertepatan saat berlakunya kebijakan tax amnesty, juga dilakukan di waktu yang sangat pas dengan kondisi ekonomi domestik dan global seperti saat sekarang.

"Ada repatriasi, pengusaha bisa bawa uang masuk ke tanah air. Ini menurut saya timing-nya juga sangat pas. Kalau dilihat dari return (imbal hasil) investasi dalam negeri dibanding dibandingkan di tempat lain, rata-rata di Indonesia lebih baik, apalagi dibanding di emerging market lain," kata Muliaman

"Kita lihat Brasil, Argentina, Afrika Selatan, dan Turki alami kesempatan yang berat. Timing-nya pas kalau mau bawa dana ke dalam negeri," tambahnya.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics