Home » » CALON GUBERNUR DKI JAKARTA MENJADI TERSANGKA

CALON GUBERNUR DKI JAKARTA MENJADI TERSANGKA

Posted by Alnindo News on Kamis, 17 November 2016



ALNEWS - Basuki Tjahaja Purnama (calon gubernur petahana DKI Jakarta) alias Ahok menjadi tersangka dalam dugaan penistaan agama. Hal ini tidak akan mempengaruhi hak Ahok sebagai calon kepala daerah, jelas Soemarno Ketua KPU DKI Jakarta.

"Penetapan tersangka yang baru saja dilakukan pihak kepolisian kepada Pak Ahok tidak mempengaruhi status Pak Ahok sebagai cagub DKI," kata Soemarno di Media Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016).

Menurut dia, Ahok tetap bisa ikut berkampanye, melakukan sosialisasi dan kegiatan yang lain. Dia menjelaskan, "Beliau tidak gugur sebagai Cagub, tetap bisa melanjutkan proses pilkada sampai tahapan selesai."

Jika Ahok statusnya menjadi terpidana, maka Ahok bisa gugur dalam pertarungan Pilkada DKI Jakarta 2017, terlebih lagi jika Ahok dipenjara lebih dari 5 tahun.

Soemarno menjelaskan "Kalau itu terjadi KPU akan memberi sanksi pembatalan sebagai calon dan parpol bisa mengusulkan calon penggantinya paling lama 30 hari sebelum pemungutan suara. Pencalonan pengganti dilakukan paling lambat 15 Januari 2017."

Akan tetapi itu tak berlaku jika pihak kepolisian tak melanjutkan kasusnya, atau menunda penyelesaian kasus hingga tahapan pilkada selesai.
Menurut ketua KPU dalam aturan undang-undang, jika kasusnya ditunda, Ahok tetap lanjut sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

"Sebenarnya tergantung kepolisian apakah melanjutkan proses hukum sekarang atau menunggu proses Pilkada selesai. Tentu kita akan mengikuti proses hukum yang terjadi," katanya.

Dia menuturkan status hukum ini juga tak serta merta membuat partai politik mencabut dukungannya. Ahok tetap berhak atas dukungan parpol hingga dia ditetapkan sebagai terpidana.



Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics