Home » » Jenis dan Fungsi Teropong

Jenis dan Fungsi Teropong

Posted by Alnindo News on Rabu, 28 Desember 2016

ALNEWS - Teropong adalah alat yang digunakan ntuk melihat atau mengamati benda-benda yang letaknya jauh, sepeti yang kita ketahui bahwa penglihatan manusia ada batasnya dan manusia menggunakan alat ini agar objek yang jauh dapat terlihat lebih dekat dan jelas. Terdapat dua jenis teropong, yaitu Teropong bias dan Teropong pantul.

Jenis teropong bias hanya terdiri atas lensa, sedangkan teropong pantul terdiri atas beberapa cermin dan lensa. Pada teropong bias, lensa objektif berfungsi membiaskan cahaya.

Teropong bias terbagi lagi menjadi 4 jenis, diantaranya : teropong bintang/teropong astronomi, teropong bumi, teropong prima/binokuler dan teropong panggung atau lebih dikenal dengan teropong Galileo. Berikut adalah penjelasan masing-masing dari jenis teropong bias :
  • Teropong Bintang (Teropong Astronomi): Terdiri atas dua lensa, diantaranya lensa objektif dan lensa okuler. Jarak lensa objektif lebih besar dibanding jarak fokus lensa okuler. Proses pembentukan bayangan objek : Jika anda melihat benda langit akan sulit melihat dengan detail, maka dengan menggunakan teropong bintang berkas sinar yang menuju lensa objektif akan di anggap sejajar (paraksial). Sehingga lensa objektif membentuk bayangan nyata dan terbalik di titik fokus. Kemudian bayangan yang telah dihasilkan oleh lensa objektif akan menjadi benda untuk lensa okuler.
  • Teropong Bumi: Teropong yang berfungsi untuk melihat benda-benda jauh di permukaan bumi. Sebenarnya prinsip kerja teropong bumi sama dengan teropong bintang, hanya saja diberi tambahan berupa lensa pembalik yang berfungsi untuk membalik bayangan supaya tegak.
  • Teropong Prisma Binokuler: Pada teropong bumi terdapat lensa pembalik yang menyebabkan teropong bertambah panjang sehingga tidak praktis. Untuk mengatasi masalah ini, pembalikan bayangan tersebut diatasi dengan prisma binokuler, dimana sepasang prisma 45 -45 -90 diletakan di antara lensa objektif an lensa okuler. Pembalikan bayangan melalui empat kali pemantulan total dari permukaan prisma-prisma.
  • Teropong Panggung (Teropong Galileo)T: Teropong Galileo berguna memperpendek teropong bumi, dengan cara membalikan bayangan dengan lensa cekung.
Teropong Pantul: Lensa objektif pada teropong astronomi dapat diganti dengan cermin cekung, fungsinya adalah sebagai pemantul cahaya. Teropong pantul astronomi terdapat satu cermin cekung, satu cerin datar(diletakan di dekat titik fokus cermin cekung), dan satu lensa cembung sebagai lensa okuler. Cermin cekung berfungsi pengumpul berkas cahaya sejajar dari objek yang diamati. Namun sebelum cahaya ini menuju titik fokus cermin cekung, cahaya ini telah dipantulkan oleh cermin datar menuju okuler terlebih dahulu.

Sekian ulasan tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis dari Teropong, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics