Home » » GEMPA DI ACEH TIDAK MEMPENGARUHI SESAR DI YOGYAKARTA

GEMPA DI ACEH TIDAK MEMPENGARUHI SESAR DI YOGYAKARTA

Posted by Alnindo News on Kamis, 08 Desember 2016

gempa_aceh


ALNEWS - Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) wilayah Yogyakarta meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh atau mempercayai kabar isu gempa yang terjadi di Pidie Jaya Aceh, pada Rabu 7 Desember lalu. "Gempa Aceh terjadi karena aktivitas sesar lokal di darat yaitu Sesar Samalanga-Sipopok.

Nyoman Sukanta Kepala BMKG Yogyakarta menjelaskan, tidak ada kelurusan dengan sesar di Yogyakarta sehingga kecil kemungkinan sesesar Yogya terpengaruh. Ia menyatakan, Yogyakarta memang memiliki sejarah gempa yang cukup besar dan berada di wilayah rawan gempa. Terakhir, gempa besar terjadi pada 27 Mei 2006, sekira pukul 05.54.00 WIB di lokasi 8,03 LS - 110,32 BT pada kedalaman 11,8 km dan kekuatan 5,9 magnitude bodi (mb).

Menurut data dampak yang diakibatkan di wilayah DIY dan Jawa Tengah yakni 5.782 lebih orang meninggal dunia, 26.299 lebih luka berat dan ringan, 390.077 lebih rumah roboh. "Yogya punya sejarah pernah terjadi gempa bumi yang cukup besar. Artinya Yogya merupakan daerah rawan gempa bumi," tuturnya. Nyoman menjelaskan, sampai saat ini belum ada teknologi yang memprediksi gempa bumi yang akan terjadi. 

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada serta memahami wilayahnya mempunyai potensi bencana. Masyarakat diharapkan mengenal gempa serta menyiapkan rencana saat terjadi gempa. "Jangan percaya isu yang menyesatkan. Bilamana perlu bisa konfirmasi ke BMKG terdekat jika ada isu terjadinya gempa," tuturnya. Perlu diketahui, dalam bulan November lalu, masyarakat Yogyakarta merasakan gempa dengan intensitas ringan, baik yang berpusat di Yogyakarta dan daerah lainnya.


Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics