Home » » Penyakit Langka : Kanker Sarkoma Ewing Mengintai Buah Hati Anda !

Penyakit Langka : Kanker Sarkoma Ewing Mengintai Buah Hati Anda !

Posted by Alnindo News on Rabu, 28 Desember 2016

Kanker Sarkoma
Kanker Sarkoma Ewing diyakini ada kaitannya dengan perubahan struktur DNA pada manusia
ALNEWS - Mungkin terdengar asing di telinga anda, penyakit ini memang langka dan hanya terjadi pada beberapa orang saja diseluruh dunia. Sarkoma Ewing adalah salah satu jenis kanker yang berasal dari tulang muda. Jika anda memiliki buah hati yang didapati mengalami pembengkakan pada kaki atau tangannya bisa jadi itu adalah gejala kanker Sarkoma Ewing stadium awal. Seperti yang dialami oleh seorang gadis bernama Loly dengan akun nicknamenya @lolytagtna, dimana ia terkena penyakit ganas dan terbilang langka tersebut.

Loly bercerita bagaimana ia digrogoti penyakit tersebut hingga ia kehilangan satu kakinya karena terpaksa harus diamputasi. Awalnya hanya muncul seperti benjolan di kaki tapi ia merasakan ada ke anehan. Kakinya mulai sulit digerakan, hingga pernapasannya serasa sesak. Sampai Loly divonis terkena Sarkoma Ewing (Ewing's Sarcoma) saat penyakit kanker tersebut sudah menyebar ke seluruh tubuh bahkan sampai ke paru-paru.

Apa itu kanker Sarkoma Ewing ?

Sarkoma Ewing adalah salah satu jenis kanker yang berasal dari tulang. Kanker jenis ini merupakan jenis langka yang tumbuh di sel-sel tulang maupun jaringan lunak di sekitar tulang waran dan saraf. Penyebarannya bukan berasal dari kanker lain, ini murni berasal dari sel-sel tulang. Biasanya benjolan ewing dapat tumbuh pada tulang panjang pada tangan dan kaki, atau tulang penyokong badan, dada, panggul, punggung dan kepala. Adapun jenis kanker ini biasanya menyerang pada usia anak-anak dan remaja atau sekitar usia 10-20 tahun. Amerika Serikat sendiri sudah ditemukan kasus sekitar 200 anak per tahun yang terkena penyakit ganas tersebut.

Hampir 88 persen kanker Sarkoma Ewing menyerang bagian tulang, mulai dari tulang betis, paha, panggul, iga sampai tulang bahu. Kendati demikian, ada kemungkinan kanker ini tumbuh di tulang manapun dalam tubuh manusia.

Penyebab Kanker Sarkoma


Hingga kini penyakit melumpuhkan dan mematikan ini belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Namun yang jelas penyakit ini tidak diturunkan dalam hubungan darah, keluarga atau genetik. Kanker Sarkoma Ewing juga tidak ada hubungannya dengan paparan radiasi, zat kimia dan faktor lingkungan, namun diyakini ada kaitannya dengan perubahan DNA setelah lahir.

Gejala Kanker Sarkoma


Terasa nyeri dan bengkak pada lengan atau kaki, dada, punggung, panggul dan nyeri semakin terasa dan tidak kunjung sembuh. Pembengkakan bisa terasa hangat, bisa juga tidak. Pergerakan tulang dan sendi menjadi terbatas, disusul demam tanpa ada alasan yang jelas. Jika sudah parah tulang patah tanpa diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

Pengobatan/Penanganan Kanker Sarkoma Ewing

Sarkoma Ewing pada umumnya adalah penyakit jenis kanker yang penanganannya sama dengan kanker lainnya, yang disesuaikan dengan stadium dari sarkoma itu sendiri. Berikut adalah golongan berdasarkan ukuran :

1. Lokasi tempat tumbuhnya tumor
2. Bagaimana tumor ini merespon kemoterapi
3. Usia dari si penderita kanker
4. Menurut penyebaran sel kanker

Jika kanker sarkoma belum terlokalisi/menyebar, pengobatan  dapat dilakukan melalui kemoterapi, tujuannya adalah untuk mengangkat tumor primer yang belum aktif. Bisa juga melalui jalan operasi jika dirasa sudah mengkhawatirkan atau bisa juga kombinasi dari keduanya.

Anda bisa berkonsultasi hal ini kepada Dokter spesialis kanker untuk mendiskusikan alternatif pengobatan yang adapat anda lakukan aga menjadi lebih jelas.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics