Home » » SPAM DARI KALENDER DAPAT MERETAS DATA IPHONE ANDA

SPAM DARI KALENDER DAPAT MERETAS DATA IPHONE ANDA

Posted by Alnindo News on Selasa, 06 Desember 2016

alnews


ALNEWS - Spam yang pada umumnya menyerang OS berbasis Android, kini sudah merajalela menyerang OS berbasis iOS.  Spam yang terbaru adalah calendar invite yang hadir lewat undangan di kalender ponsel. 

Jenis Spam ini berupaya mengeksploitasi lemahnya proses dari  otomatisasi aplikasi kalender milik Apple yang akan mengekstrak secara otomatis sebuah undangan untuk menanyakan tentang kehadiran. 

Tony Anscombe, senior security evangelist di Avast mengatakan ”Biasanya pengguna akan dengan mudah untuk menekan ’tidak’, agar undangan tersebut tidak tersimpan di kalender ponsel mereka. Ternyata, hal ini memiliki ancaman yang besar”.

Nah, setelah tombol ”tidak” itu ditekan, spam dari cybercriminal itu akan berupaya mengkonfirmasi bahwa email pengguna aktif. Secara otomatis browser akan terbuka ke website  yang akan memvalidasi alamat email tertentu. Setelah itu, pengguna juga diminta memasukkan username dan password lewat serangan phising. Terkadang berbentuk seperti proses log in ke akun sosial media biasa.  

Setelah itu, pengguna berupaya untuk menargetkan serangan yang lebih spesifik lagi. Jika mereka memiliki data termasuk password yang telah terenkripsi, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mendekripsinya. 

”Kami mengimbau agar pengguna yang mendapat spam seperi ini melindungi akun mereka dengan password yang lebih kuat. Untuk pengguna Mac, bisa juga menginstal anti virus seperti Avast Free Mac Security yang juga memberi perlindungan terhadap serangan phising,” ungkap Tony Anscombe.


Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics