Home » , , , » 15 Gejala dan Tanda Umum Penyakit Jantung

15 Gejala dan Tanda Umum Penyakit Jantung

Posted by Alnindo News on Kamis, 05 Januari 2017

Tanda Penyakit Jantung

ALNEWS - Penyakit Jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penderita dapat mengalami kematian akibat serangan jantung pada tahap kronis. Untuk wilayah Asia Tenggara saja, menurut data statistik dari Federasi Jantung Dunia, Terhitung jumlah kematian akibat jantung koroner mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014 kemarin. Sedangkan di Indonesia sendiri, sekitar 35 % kematian disebabkan oleh penyakit jantung.

Faktor usia dan genetik adalah hal yang mungkin menjadi potensi meningkatkan resiko seseorang menderita sakit jantung. Selain itu ada faktor lain yang menjadi penyebab tanda-tanda penyakit jantung seperti kurang olah raga, pola hidup yang tidak seimbang/tidak sehat. diet berlebihan serta terlalu stress. Terdapat cukup banyak dan beragam tanda-tanda penyakit jantung, berikut dapat anda simak kondisi yang termasuk dalam kategori ciri dan tanda sakit jantung secara umum.

1. Sering Berkeringat

Kondisi seperti ini biasanya didapat jika seseorang telah melakukan aktifitas yang berat, seperti usai berolahraga atau saat cuaca sedang panas. Namun jika anda mudah bekeringat, meski tidak melakukan apapun, anda harus waspada karena ada kemungkinan jantung anda bermasalah.

2. Dada Terasa Nyeri

Ketika anda merasakan nyeri pada dada belum tentu hal tersebut adalah tanda bahwa anda mengalami sakit jantung. Namun tak ada salahnya untuk mewaspadai dad yang nyeri sebagai tanda sakit jantung.

3. Sesak Nafas

Apabila anda mengalami sesak nafas padahal anda sedang diam atau istirahat, ini artinya anda diindikasikan terkena penyakit jantung. Kondisi sesak nafas ini biasanya lebih sering dialami penderita ketika sedang berbaring. Cairan yang masuk ke dalam rongga paru-paru kemudian tertimbun berpotensi mengalirkan cairan tersebut ke organ jantung sehingga menyebabkan sesak pada dada.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah hal yang umum dialami oleh semua orang. Akan tetapi jika sakit kepala disertai nyeri di dada, maka ada kemungkinan itu adalah tanda sakit jantung.

5. Palpitasi

Perlu anda waspadai kondisi dimana jantung terasa begitu berdebar-debar disertai dengan nyeri dada, sesak nafas dan tubuh terasa lelah dan lemah. Bila kondisi itu tejadi ketika anda tidak melakukan olahraga, ketakutan atau gugup, segeralah periksa ke dokter untuk memastikan kondisi tersebut.

6. Detak Jantung Tidak beraturan

Jangan abaikan jika anda merasakan jantung terasa berdebar-debar tanpa alasan kemudian dilanjutkan dengan denyut jantung yang tidak teratur. Karena akan fatal untuk jantung jika diketahui detaknya mulai tak teratur. Kondisi ini terjadi ketika otot yang ada di bagian katup jantung mengalami penebalan otot sehingga menjadikan detak jantung tidak lagi teratur. Dari kondisi tersebut juga bisa terjadi penyempitan katup dan juga kebocoran organ jantung.

7. Sering Kelelahan

Anda merasa sering kelelahan akhir-akhir ini padahal tidak melakukan aktivitas berat ? kami sarankan segeralah konsultasikan ke dokter. Bisa jadi ada indikasi terkait masalah pada jantung. Rasa lelah ini juga sering di rasakan saat bangun tidur.

8. Perut Bengkak


Mungkin sebagian besar orang dengan masalah pembesaran di bagian perut dianggap sebagai masalah pencernaan. Namun anda mesti waspada bila ada tanda-tanda lain yang terkait pembengkakan perut, karena ada kemungkinan bahwa jantung anda mengalami kelainan pada katup yang berakibat pada penumpukan cairan di dalam perut.

9. Mual Berlebihan

Perlu anda ketahui, bahwa gejala penyakit jantung diawali dengan pembengkakan di bagian perut. Sehingga penderita akan kehilangan nafsu makan dan merasakan mual berlebih.

10. Hilang Nafsu Makan

11. Sering Cemas dan Tegang

Serangan jantung identik dengan trauma, mereka yang pernah mengalami serangan jantung lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan atau kecemasan akan kematian. Kemudian kecemasan psikologi ini menimbulkan stress berlebih yang menyebabkan peningkatan intensitas resiko serangan jantung.

12. Nyeri pada Tubuh

Anda akan merasakan nyeri pada tubuh meski anda tidak pernah melakukan aktivitas berat. Rasa nyeri biasanya terjadi di lengan, punggung, leher, pundak dan siku. Nyeri tersebut memang cuma sesaat, namun akan terus-menerus datang dan pergi. Pemicunya diketahui karena adanya peyumbatan pada arteri.

13. Kehilangan Kesadaran

Pada beberpa kondisi seringnya sakit kepala kronis bisa disebabkan oleh anemia. Namun bila sebelumnya anda sudh sering merasa lemah, cepat lelah ditambah nafas yang terengah-engah dan dada terasa nyeri kemudian mengakibatkan pingsan atau kehilangan kesadaran tentu kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Segeralah cek kondisi tubuh anda, terutama pada bagian jantung apabila memang ada gejala lain yang cukup mengkhawatirkan.

14. Sakit Punggung

Tanda lainnya yang tidak boleh anda hiraukan adalah sakit punggung. Memang sakit punggung dapat dipicu oleh banyak hal, Namun jika sakit punggung menyerang tanpa ada alasan yang jelas maka hal ini bisa dimasukan ke dalam kategori tanda serangan jantung.

15. Pebengkakan pada Kaki

Selain di perut, pembengkakan bisa juga terjadi pada bagian kaki, seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ini terjadi akibat cairan yang menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini merupakan tanda dimana jantung sedang mengalami kecacatan dan adanya kelainan pada katup jantung.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics