Home » » FITUR PENELUSURAN GOOGLE TANPA INTERNET BAGI PENGGUNA ANDROID

FITUR PENELUSURAN GOOGLE TANPA INTERNET BAGI PENGGUNA ANDROID

Posted by Alnindo News on Jumat, 20 Januari 2017

gambar google


ALNEWS - Pengguna Android akan mempunyai kendala dalam melakukan pencarian di google jika koneksi internetnya bermasalah. Koneksi internet bermasalah jika berada di tempat-tempat atau lokasi yang susah menangkap sinyal, misalnya di dalam lift, di tengah laut dan di tempat lainnya. 

Dengan kondisi tersebut kemungkinan besar pengguna android ingin tetap mencari informasi di kolom pencarian google walaupun koneksi internetnya buruk. 

Untuk mengatasi masalah tersebut pihak Google menghadirkan fitur pencarian offline pada aplikasi Google Search untuk Android. Aplikasi ini bukan browser, dan biasanya terdapat di halaman Home Smartphone berbasis android.

Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna Android dapat menelusuri informasi yang ingin dicari di mesin pencari google tanpa terkoneksi dengan internet. Untuk pencariannya akan ditunda dan ketika berhasil terkoneksi dengan internet, google akan memberikan notifikasi bahwa hasil pencarian dari kata kunci yang dimasukkan sebelumnya sudah tersedia. Cukup menekan notifikasi tersebut, lalu akan otomatis dialihkan ke aplikasi google. Informasi yang dicari pun langsung tercantum, tidak perlu lagi masuk manual ke aplikasi dan mengetik ulang kata kunci.

Layanan untuk mode offline, sebelumnya google sudah mengeluarkan mode tersebut seperti google maps dan google translate. Hanya saja, mekanisme pada "google search" sedikit berbeda. Pada Maps dan Translate, pengguna harus mengunduh informasi lokasi atau terjemahan yang dirasa penting terlebih dahulu. Setelah itu pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut tanpa adanya koneksi internet.

Mode offline pada "google search" tak menggunakan mekanisme pengunduhan, tetapi penundaan. Mode ini diharapkan mampu mempermudah pengguna untuk menelusuri segala informasi dengan cepat, meski sempat mengalami gangguan koneksi.

Bagi pengguna android agar menikmati fitur ini, harus memperbarui aplikasi Google di Android melalui Play Store. Kemudian menggulir apllikasi ke kiri untuk bertemu dengan pilihan "Settings". Selanjutnya pilih "Offline Search" dan aktifkan "Always Retry Searches". Semua penelusuran yang dilakukan kala sedang offline bisa dilihat di opsi "Manage Searches". 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics