Home » » Waspada, Sindikat Penipu Memanfaatkan Aplikasi Game di Wechat

Waspada, Sindikat Penipu Memanfaatkan Aplikasi Game di Wechat

Posted by Alnindo News on Rabu, 25 Januari 2017

sosial media

ALNEWS - Sindikat penipu yang merupakan warga negara asing (WNA) berkewarganegaraan China diciduk aparat Polsek Metro Penjaringan dan Polres Metro Jakarta Utara.

Sindikat penipu terdiri dari tujuh orang, mereka diciduk di sebuah rumah elit yang berdiri di wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Komplek Kataraman, Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dudi Iskandar selaku Kasubdit penyidikan direktorat Wasdakim Dirjen Imigrasi menjelaskan, Bahwa tindak penipuan para sindikat tersebut dilakukan aplikasi Wechat. Melalui aplikasi tersebut pelaku memberikan semacam permainan sebuah game online demi dapat menipu daya penggunanya.

"Mereka diduga kuat kerap beraksi di sejumlah negara. Ini terungkap karena dari berkas perjalanan pada paspornya. Sebelum ketujuh WNA ini ke Indonesia, mereka sempat ke Filiphina dan Thailand. Hasil penyidikan sementara apabila para pelaku, membuat pembuatan game online di aplikasi chatting social We Chat," jelas Dudi.

Namun, penyidikan sementara yang diketahui berasal dari keterangan para pelaku tersebut, masih didalami petugas keimigrasian hingga saat ini.

"Kemungkinan modus semacam ini sangat kecil dilakukan bahkan mereka sampai harus datang ke indonesia dengan kunjungan wisatawan," ucap Dudi.

"Untuk sementara, mereka akan kami kenakan Pasal Pelanggaran Dokumen, yakni dengan Pasal 122 huruf a UU RI nomor 6 tahun 2011 terkait keimgrasian. Mereka pun terancam hukuman penjara maksimal 5 tahun dengan denda Rp 500 juta," jelasnya.

 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics