Home » » 6 Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit

6 Cara Mudah Merawat Sepatu Kulit

Posted by Alnindo News on Jumat, 03 Februari 2017

tips merawat sepatu kulit

ALNEWS - Barang yang anda gunakan sehari-hari adalah cerminan kepribadian. Jika Anda merawatnya dengan baik itu mengindikasikan bahwa Anda adalah tipe orang yang peduli dengan penampilan. Seperti halnya sepatu, jika orang lain melihat sepatu anda terawat, mereka akan menilai Anda adalah pribadi yang bersih dan peduli akan penampilan.

Nah, disini kita akan membahas bagaimana cara merawat sepatu jenis kulit yang memang cukup digemari saat ini. Sepatu ini terbilang cukup awet dan bisa dipakai dalam situasi apapun, baik formal maupun non formal, Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja. Selain itu sepatu kulit juga bisa memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan bagi sipemakai.

Merawat sepatu kulit memang susah-susah gampang, membutuhkan penanganan yang lebih khusus lagi agar tidak mudah rusak dan tetap nyaman dipakai. Jika Anda gemar mengkoleksi sepatu kulit, Ini merupakan hal yang cukup penting apalagi sepatu kulit Anda adalah sepatu bermerek. Jangan sampai deh sepatu kesangan Anda itu digrogoti jamur, bisa-bisa warnanya akan berubah kusam dan bau.

Berikut adalah Cara merawat sepatu kulit yang penting untuk Anda ketahui.

1. Ketahui Jenis Kulit Sepatu

Ini adalah langkah awal cara merawat sepatu kulit yang baik. Anda harus ketahui dulu jenis bahan kulitnya, beruntung jika Sepatu Anda memiliki bahan berkualitas bagus karena akan semakin mudah perawatannya. Selain bahan, kenali juga sifat sepatu Anda, apakah tahan terhadap cuaca atau tidak.

2. Perhatikan Tempat Penyimpanan Sepatu


v
Setelah pulang dari rutinitas sehari-hari biasanya kita tidak meletakan sepatu di rak penyimpanan, mungkin karena sudah capek, tidak perduli atau memang sudah kebiasaan. Sebenarnya kebisaan inilah yang membuat sepatu kesayangan anda menjadi cepat rusak, karena sepatu anda bisa saja terinjak-injak atau terkena gesekan dengan benda lainnya membuat sepatu anda menjadi lecet atau baret pada permukannya.

Tempatkanlah sepatu Anda didalam rak atau kotak penyimpanan khusus sepatu, tambahkan silica gel jika diperlukan agar sepatu anda terhindar dari jamur. Silica gel berguna untuk mengatur kelembaban dan mengurangi kadar air disekitar, serta menjauhkan sepatu Anda dari serangga.

3. Ketahui Cara Mencuci Sepatu


Sepatu jenis kulit tidak bisa dicuci dengan asal-asalan, Anda harus menggunakan sikat khusus untuk membersihkannya. Gunakan sikat khusus sejenis sponge yang mempunyai tekstur yang halus, agar terhindar dari goresan.

Sama halnya dengan proses pengeringan, tidak disarankan menjemur sepatu ketika matahari sedang terik-teriknya. Bukannya cepat kering malah membuat permukaaan sepatu Anda menjadi pecah-pecah. Sebaiknya sebelum Anda menjemur, Lap terlebih dahulu sampai benar-benar kering, kemudian letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Biarkan sampai sepatu Anda kering dengan sempurna.

Bagaimana jika ingin mengeringkan sepatu dengan dryer ? Lebih baik lapisi terlebih dahulu degan koran bekas agar panasnya tidak langsung ke permukaan sepatu.

4. Semir Sepatu Secara Rutin


Biasakan menyemir sepatu kesayangan Anda secara berkala agar selalu cemerlang dan tampak baru. Carilah produk semir sepatu yang sudah terbukti mampu mempertahankan warna. Dan yang lebih penting lagi adalah pilihlah jenis semir sepatu yang sesuai dengan warna kulit sepatu Anda. Begitu juga ketiksa sedang menyemir, lakukan gerakan searah agar sepatu terlihat lebih baik.

Anda bisa mengandalkan moisturizer untuk melembabkan sepatu atau Anda juga bisa memanfaatkan handbody lotion jika Anda tidak punya pelembab khusus sepatu.

5. Jauhkan Sepatu dari Air

Hujan atau genangan air memang tidak terhindarkan, namun perlu anda ketahui bahwa air bisa merusak kulit sepatu Anda secara perlahan. Sebisa mungkin hindari sepatu Anda dari air agar selalu awet dan tidak gampang rusak.

6. Segera Bersihkan Sepatu dari Lumpur dan Kotoran

Jangan menunda membersihkan jika sepatu Anda terkena lumpur atau kotora, segera bersihkan dengan lap atau sponge. Lumpur yang sudah kering biasanya akan meninggalkan noda dan bisa membuat sepatu Anda terlihat kusam dan akan susah untuk dikembalikan ke kondisi semula.

Itulah 6 cara merawat sepatu kulit dengan baik dan benar. Semoga bisa menambah wawasan Anda dalam merawat sepatu kesayangan Anda. 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics