Home » » Sukabumi Dilanda Gempa Berkekuatan Sekitar 6,3 SR

Sukabumi Dilanda Gempa Berkekuatan Sekitar 6,3 SR

Posted by Alnindo News on Senin, 12 Juni 2017



ALNEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjelaskan gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Kota Sukabumi akibat aktivitas patahan lempeng bumi, Senin (12/6/2017) pagi.

 Yana Rusyana, Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi  mengatakan "Informasi yang kami terima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut dipicu akibat aktivitas patahan di dasar laut dekat zona subduksi lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia," 

Warga diimbau untuk ikut berperan aktif memberikan informasi jika ada bangunan yang rusak akibat getaran gempa tersebut.

Sekadar diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,3 SR mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempat berlokasi di 8.36 lintang selatan, 106.18 bujur timur atau 179 km barat daya Kota Sukabumi.

Guncangan gempa juga dirasakan hingga Bogor, Pengalengan, Pelabuhan ratu, Jakarta, Depok, dan Lebak, yang guncangannya dirasakan banyak orang tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan.

Meskipun gempa bumi terjadi di laut, hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami.
Untuk itu, warga pesisir pantai Jawa Barat dan sekitarnya diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics