Home » » Begini Nasib Para 'Mantan' Pendiri Facebook, Diantaranya Sungguh Sangat Mengejutkan!

Begini Nasib Para 'Mantan' Pendiri Facebook, Diantaranya Sungguh Sangat Mengejutkan!

Posted by Alnindo News on Selasa, 04 Juli 2017

Seperti yang sudah kita ketahui, Mark Zuckerberg adalah sosok paling terkenal di antara pendiri media sosial Facebook lainnya. Namun tahukah Anda, ada beberapa nama yang sangat berperan dalam membangun sebuah jejaring sosial paling populer diseluruh dunia saat ini. Siapakah mereka ? dan bagaimana kiprah mereka saat ini? desas desus menyebutkan diantara mereka ada yang menikah dengan wanita keturunan Indonesia, bahkan menikah dengan sesama jenis lho!

Selain Mark Zuckerberg, ada empat nama lain yang tercatat dan dianggap turut menyumbangkan ide-ide segar sehingga berhasil menjadi sebuah sistem jejaring sosial paling banyak digunakan di dunia. Meski diantaranya sudah tidak bergabung, namun ada beberapa nama yang diantaranya masih aktif berkecimpung. Sebut saja Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz serta Chris Hughes. Satu nama lagi yang disebut-sebut sebagai presiden pertama Facebook, yaitu Sean Parker.

1. Eduardo Saverin

pendiri facebook

Pria kelahiran Sao Paulo Brasil ini bertemu zuckerberg di kampus Harvard kemudian menggagas Facebook. Lalu Zuck meminta Saverin untuk membuka rekening bank senilai 15K USD yang hanya bisa diakses oleh mereka berdua saja.

Uang itu menjadi modal awal mereka untuk membeli server situs bernama TheFacebook.com. Saverin dipercaya Zuckerberg mengurus bisnis mereka karena memang latar belakang Saverin yang memang kaya raya. Terlebih lagi dia pintar meyakinkan Mark bahwa bisnis mereka pasti berhasil. Ketika itu Mark zuckerberg fokus mengembangkan facebook secara teknis.

Namun kemudian hubungan mereka mulai retak, Zuck marah besar ketika Saverin diketahui memanfaatkan Facebook hanya untuk kepentingan bisnis pribadinya. Dia membuat lapak iklan sendiri di Facebook tanpa izin terlebih dahulu. Hubungan semakin memburuk ketika Zuck meminta saverin untuk tanda tangan namun Saverin tidak hadir, padahal tanda tangan tersebut digunakan untuk situs yang mereka kembangkan tersebut. Dan pada akhirnya Zuck pun memilih untuk memberhentikannya.

Kemudian Saverin lebih memilih pindah ke Singapura dan sibuk mengembangkan dan menjadi investor startup teknologi disana. Informasi menyatakan bahwa dia menikah dengan wanita berasal dari Indonesia bernama Elaine Andriejanssen.

Baru-baru ini ia menyatakan bahwa hubungannya dengan Zuck sudah membaik. Saverin sendiri masih memiliki saham sekitar 4 % dari Facebok dengan total kekayaan mencapai 8,9 miliar USD.

2. Andrew McCollum

pendiri facebook mccollum

Mungkin nama ini terdengar asing di antara pendiri Facebook lainnya. Ya, memang tidak begitu banyak informasi yang didapat mengenai pria yang lahir pada 26 desember 1979, California ini. Karena memang Andrew dikenal sebagai sosok yang low profile dan sepertinya memang tidak mau banyak dikenal.

Andrew bertemu dengan pendiri Facebook lainnya ketika masih bersama-sama kuliah di Harvard University. Kemudian ia bergabung di Facebook sekitar tahun 2004 dan pada akhirnya mengundurkan diri pada September 2006.

Setelah berpisah dengan pendiri Facebook, Andrew melanjutkan kuliahnya di Harvard dan berhasil mendapatkan gelar S2 nya pada tahun 2007. Sama seperti Zuckerberg, saat ini ia bergelut di dunia startup teknologi. Jika Anda membuka situs pencari kerja JobSpice, situs tersebut Andrew lah yang mendirikannya.

3. Dustin Moskovitz

pendiri facebook dustin moskovitz

Pria berumur 33 tahun ini lahir dan dibesarkan di Florida. Sudah pasti sama seperti pendiri Facebooklainnya, ia menjalani kuliah di universitas paling bergengsi di dunia, Harvard University.

Peran Dustin sangat penting disini, ia dikenal sebagai Chief Technology Officer pertama Facebook dan kemudian menjabat sebagai Vice President of Enginering. Dustin bertanggung jawab dalam mengawasi arsitektur situs Facebook dan menyusun sistem strategi di platform mobile.

Namun sangat disayangkan, pada tahun 2008 Moskovitz lebih memilih meninggalkan Facebook dan mendirikan perusahaan baru bernama Asana. Diketahui ia juga suka melakukan investasi dan diantarannya insvestasi ke jejaring sosial Path CEO dari Dave Morin. Path sendiri kini sudah dijual ke CEO Kakao Talk.

Selain senang melakukan insvestasi, Moskovitz dikenal sebagai pribadi yang gemar menyumbangkan kekayaannya untuk kemanusiaan. Maka tak heran saat ini kekayaan lelaki berambut kriwil tersebut sangat berlimpah. Menurut catatan Forbes, Dustin memiliki kekayaan materi mencapai 10,3 miliar USD.

4. Chris Hughes

Pendiri Facebook Chris Hughes

Peran chris di situs jejaring sosial Facebook cukup besar. Dia lah yang pertama kali memberikan saran agar Facebook tidak hanya dibuat untuk mahasiswa Harvard saja, namun juga dibuka aksesnya untuk mahasiswa kampus lain.

Saran inilah yang membuat Facebook menjadi populer dan dapat diakses di seluruh dunia. Ketika itu Chris menjadi juru bicara perusahaan dan sempat keluar untuk bisa menyelesaikan kuliahnya di Harvard namun kemudian bergabung kembali, 2004.

Kemudian pada tahun 2007, pada akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan Facebook dan menjadi relawan kampanye Barrack Obama. Ketika itu Chris memang sangat tertarik pada dunia politik.

Pada tahun 2011, diketahui telah menikah dengan seorang pria bernama sean Eldridge. Pernikahan sejenis ini berlangsung di Garrison, New York Amerika Serikat. Kini mereka tinggal disebuah rumah dengan nilai 2 juta USD di kota NewYork.

Chris lahir pada tanggal 26 November 1983 di North Carolina. Ayahnya seorang pegawai swasta yang menjabat sebagai sales dan ibunya seorang guru sekolah.

5. Sean Parker

pendiri facebook sean parker

Meski diketahui bukan termasuk pendiri Facebook, namun namanya sering disebut karena statusnya sebagai presiden pertama di Facebook. Sean Parker memang telah lama malang melintang di dunia teknologi dan kekayaan mencapai 2,4 miliar USD.

Parker bergabung di Facebook sejak 2004 dan menjabat sebagai presiden pertama. Berkat beliau, Facebook mendapatkan dana pertama yang cukup besar dari investor bernama Peter Thief senilai 500 ribu USD.

Orang ini dikenal sebagai disainer website Facebook yang simpel dan fast loading. Dialah yang menyarankan agar Facebook lebih 'clean and clear' sehingga lebih user friendly serta memiliki fungsi berbagi foto.

Mark Zuckerberg pun pernah menyatakan bahwa Sean berperan sangat penting dalam transformasi Facebook dari proyek anak kuliahan biasa hingga menjadi perusahaan sungguhan.

Namun Tidak lama kemudian, Sama seperti pendiri facebook lainnya ia lebih memilih mengundurkan diri menjadi presiden Facebook. Kemudian ia melintang ke perusahaan teknologi lain seperti Spotify. 

Kemudian Sean memutuskan menikah dengan seorang wanita yang berprofesi sebagai penyanyi bernama Alexandra Lenas pada tahun 2013. Pesta pernikahan berlangsung sangat mewah dengan dekorasi ala artis Hollywood. Pernikahan tersebut diadakan di Bentana Inn & Spa, di kota California.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics