Home » » Biaya Kuliah 5 Universitas Paling Favorit di Indonesia

Biaya Kuliah 5 Universitas Paling Favorit di Indonesia

Posted by Alnindo News on Selasa, 01 Agustus 2017

ALNEWS - Hasil SNMPTN 2017, Rabu 26 April 2017 menyebutkan bahwa ada 101.906 siswa telah lolos SNMPTN 2017. Dari jumlah tersebut, mereka tersebar di berbagai universitas ternama di indonesia. Seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Padjajaran (UNPAD).

Meski sama-sama terdaftar sebagai universitas negeri, namun biaya tiap semester yang harus dibayar cukup bervariasi. Berikut biaya kuliah di 5 universitas negeri yang mungkin bisa jadi referensi kamu yang akan masuk kuliah tahun ini.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


itb


Menurut sumber data dari situs usm.itb.ac.id, Minggu (30/7), biaya persemester di ITB jurusan Non Sekolah Bisnis dan Manajemen, orang tua harus menyediakan dana sebesar Rp 10 juta per semester. Pada jurusan ini pihak kampus meringankan biaya bagi mahasiswa terbaik yang memang dari kelurga tidak mampu. 

Mahasiswa tersebut harus memenuhi beberapa syarat pokok yang ditentukan oleh kampus. Jika sesuai kriteria, maka pihak kampus akan memberikan bantuan berupa beasiswa kepada mahasiswa terkait. Sedangkan untuk jurusan Sekolah Bisnis dan Manajemen, orang tua harus merogoh kocek sebesar 20 juta untuk membayar kuliah anaknya per tiap semester.

2. Universitas Indonesia


universitas indonesia

Berdasarkan data yang di ambil dari situs resmi universitas indonesia, untuk biaya kuliah mahasiswa reguler Universitas Indonesia sudah tercantum dalam peraturan Rektor UI Nomor 017, 2017 tentang tarif uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa sarjana kelas reguler UI tahun akademik 2017/2018.

Terdapat dua pilihan untuk tarif uang kuliah dalam peraturan tersebut, yang pertama adalah BOP-Berkeadilan (NOP-B) dan BOP-Pilihan (BOP-P). BOP-Berkeadilan disesuaikan berdasarkan kemampuan si penanggung biaya pendidikan, namun pengajuannya harus disertai dengan sejumlah data dan dokumen pendukung.

Sedangkan BOP-Pilihan adalah mekanisme pengajuan tarif UKT yang penetapannya ditentukan sendiri oleh si penanggung biaya pendidikan. Untuk BOP-B, Biaya persemester Jurusan IPA mulai dari Rp0 hingga Rp 7,5 juta persemesternya. Sedangkan Jurusan IPS, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta per semester. Untuk BOP-Pilihan, Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi yakni sekitar Rp 10 juta - 15 juta per semester. Sedangkan untuk Jurusan IPS Si penanggung biaya harus mengeluarkan sekitar Rp 7,5 juta - Rp 12,5 juta persemester.

3. Universitas Diponegoro


universitas diponegoro

Sama seperti kampus pada umumnya, dilihat dari situs resminya Undip mengelompokan biaya kuliah dimulai dari golongan 1 hingga golongan 7. Golongan tersebut disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua. Semakin tinggi golongannya (kemampuan orangtua), maka semakin besar biaya kuliahnya. Untuk jurusan IPS, Undip memberatkan mahasiswanya dengan membayar Rp 500 ribu hingga Rp 6,5 juta per semester. Sedangkan untuk jurusan IPA, mahasiswanya harus membayar uang kuliah dimulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 19 juta per semester.

4. Universitas Gadjah Mada




Berdasarkan situs resmi Universitas Gadjah Mada biaya kuliah disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Kriteria pembiayaannya dibedakan atas UKT 0 hingga UKT 6. Semakin tinggi UKTnya, maka akan semakin besar pula pendapatan orang tua.

UKT 0 untuk peserta bidikmisi, UKT 1 untuk peserta dengan penghasilan orangtuanya dibawah 500 ribu. UKT 2 untuk penghasilan Rp 1 juta., UKT 3 Rp 2jt - 3,5 juta. UKT 5 untuk Rp 5 juta - 10 juta dan UKT 6 untuk penghasilan di atas Rp 10 juta.

Untuk jurusan IPA dimulai dari Rp 500 ribu - Rp 14,5 juta per semesternya. Sedangkan jurusan IPS, dimulai dari RP 400 - Rp 10,5 juta persemesternya.

5. Universitas Padjadjaran


unpad

Situs resmi UNPAD memberikan tarif UKT (2017/2018) sama seperti tahun sebelumnya. Universitas yang berlokasi di bandung jawa barat ini menetapkan pembiayaan kuliah berdasarkan peraturan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristek Dikti) RI Nomor 39 Tahun 2016.

Unpad sendiri menerapkan UKT masing-masing program studi berdasarkan 5 kelompok. Uang kuliah kelompok I adalah Rp 500 ribu per semester untuk semua jurusan. Sementara yang paling mahal adalah kelompok V, biaya yang dikenakan dimulai dari Rp 5 juta hingga Rp 13 juta per semesternya

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics