Home » » PENJELASAN VIDEO HUJAN GUYUR 1 RUMAH DI TEBET

PENJELASAN VIDEO HUJAN GUYUR 1 RUMAH DI TEBET

Posted by Alnindo News on Rabu, 30 Agustus 2017

alnindohotnews


ALNEWS - Belum lama ini beredar video viral soal hujan yang hanya mengguyur satu rumah di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Video tersebut diunggah oleh akun @febicil pada Sabtu (26/08) lalu. 

Hujan lokal terjadi karena dua faktor yakni naiknya udara lembab secara paksa dari aliran udara yang menuju dataran tinggi atau pegunungan dan adanya pemanasan lokal yang tidak seimbang. Tapi biasanya hujan lokal meliputi wilayah yang cukup luas.

Pemilik rumah tersebut Muzakir juga heran dengan hujan lokal yang hanya mengguyur rumahnya saja tersebut. "Saya sedang main catur di teras. Kejadiannya kira-kira pukul 17.30 WIB. Banyak keponakan yang teriak-teriak ada hujan," ucapnya.

"Hujannya aneh. Cuma di satu rumah saja (rumah Muzakir), satu rumah juga nggak ada. Cuma setengah lah," lanjut Muzakir. Dirinya juga mengaku telah mengecek toren air di dekat rumahnya, tidak bocor. Menurutnya yang terjadi di rumahnya bukan cuma toren bocor saja tapi memang hujan.

Menurut BMKG fenomena hujan yang mengguyur rumah Muzakir saja dalam 6 jam tersebut merupakan hal yang langka dan sulit terjadi. BMKG mengatakan bahwa hujan lokal terjadi dalam cakupan wilayah yang cukup besar dan durasi hujan juga tidak lama, mulai dari pukul 18.00 sampai 24.00.

Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG, Mulyono menjelaskan "Kalau hujan lokal mungkin sebagian kelurahan, sebagian kecamatan untuk agak lebih luas. Misalkan Thamrin hujan, sebelahnya tidak. Ambil contoh (awan berada di atas) 500-700 meter di atas permukaan. Kalau jatuh hanya pada satu rumah dan jangka waktu yang lama, banyak channel dari awan turun ke rumah tersebut".

Mulyono juga menambahkan bahwa di musim kemarau potensi hujan lokal seperti ini mudah sekali terganggu karena ada angin yang menyebabkan awan hujan mudah bergeser. Tapi BMKG berharap agar masyarakat tidak mengaitkan fenomena hujan di rumah Muzakir ini sebagai bagian dari klenik. 


Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics