Home » » FACEBOOK DIJATUHI HUKUMAN DENDA SEKITAR 18 MILIAR RUPIAH

FACEBOOK DIJATUHI HUKUMAN DENDA SEKITAR 18 MILIAR RUPIAH

Posted by Alnindo News on Rabu, 13 September 2017

alnindohotnews

ALNEWS - Facebook karena dianggap tak memberikan informasi yang tepat kepada penggunanya, maka dijatuhi hukuman denda dan harus membayar sebesar USD1,4 juta atau sekitar Rp18 miliar lebih. Hukuman tersebut dijatuhkan di negara Spanyol.

Menurut kabar yang diketahui, Agencia Española de Protección de Datos (AEPD) menemukan tiga pelanggaran bahwa Facebook tak cukup memberikan informasi bagaimana profil seseorang digunakan.
Sosial media milik Mark Zuckerberg itu dianggap tak secara jelas bagaimana gender, keyakinan, selera pribadi dan riwayat penjelajahan mereka akan digunakan.

Facebook juga tidak memberitahu penggunanya bagaimana data yang dikumpulkan melalui cookie situs web akan digunakannya. Facebook diduga masih mengumpulkan informasi penjelajahan pengguna melalui fitur Like.

Selain itu, AEPD juga menemukan Facebook menyimpan informasi pengguna selama lebih dari 17 bulan setelah orang-orang menutup akun mereka.

Besarnya denda yang diterapkan AEPD kepada Facebook masih tergolong rendah dari denda yang dijatuhkan kepada WhatsApp sebesar 110 jua euro atau sekira Rp1,7 triliun. Dengan demikian dapat menjadi bukti bahwa Negara Spanyol menjadi salah satu negara yang ketat soal perlindungan data.

Selain Facebook, perusahaan raksasa internet Google juga sempat menghadapi tuntutan yang sama pada tahun 2012 lalu. Saat itu Google dituntut karena memberikan informasi secara umum dan tak memberikan penjelasan soal kebijakan privasi. 


 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics