Home » » PEMERINTAH CHINA MEMBLOKIR WHATSAPP

PEMERINTAH CHINA MEMBLOKIR WHATSAPP

Posted by Alnindo News on Rabu, 27 September 2017

alnindohotnews

ALNEWS - Pemerintah China akhirnya memblokir aplikasi Whatsapp. Facebook kini sama sekali tidak berdaya di negara China, sebab Whatsapp adalah aplikasi terakhir perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Sejak tahun 2009 pemerintah China juga sudah memblokir Facebook. Dengan kebijakan ini aplikasi lokal Weibo menjadi populer. Untuk aplikasi instagram juga tidak diberi peluang oleh pemerintah China.

Sebagian fitur aplikasi Whatsapp telah diblokir, sehingga pengguna kesulitan mengakses foto serta video. Tapi kali ini pemerintah China benar-benar memblokir total aplikasi tersebut.

Firewall yang sedang ditingkatkan oleh pemerintah China untuk mendeteksi serta memblokir protokol yang digunakan Whatsapp untuk mengirim teks. China juga memperkuat firewallnya dengan kode untuk memblokir foto dan video Whatsapp. 

Pihak Facebook sendiri membutuhkan China agar mengembangkan usaha mereka. Karena jumlah penduduk China yang mencapai milyaran belum ditundukkan oleh perusahaan sosial media tersebut. 

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya pemerintah China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan disana karena tidak memiliki kebijakan kerahasiaan seperti Whatsapp.


 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics