Home » » PENJELASAN BMKG TENTANG HUJAN ES YANG MELANDA DEPOK

PENJELASAN BMKG TENTANG HUJAN ES YANG MELANDA DEPOK

Posted by Alnindo News on Rabu, 04 Oktober 2017


alnindohotnews


ALNEWS - Hujan es yang melanda Depok Jawa Barat belum lama ini menjadi fenomena dan membuat masyarakat geger karena hal tesebut jarang terjadi. Hujan es tersebut disertai dengan angin kencang yang mengguyur area Depok. Hujan es yang besarnya seperti kelereng membuat suara gemuruh saat hujan berlangsung.
 
Mulyono Rahadi Prabowo selaku Deputi Bidang Klimatologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menjelaskan hujan es memang sering terjadi saat masa transisi dari musim panas ke musim hujan. Indonesia memang dalam masa transisi tersebut.
 
Hujan es biasanya berasal dari awan yang tumbuh menjulang tinggi. Awan ini tumbuh ketika udara sebelumnya cukup panas dan uap air banyak tersedia di udara. Kondisi ini banyak terjadi pada saat musim transisi dari musim kemarau mendekati musim hujan atau sebaliknya.
 
Prabowo menjelaskan bahwa pada saat siang atau sore hari seperti yang terjadi di Depok, tumbuh awan yang tinggi menjulang namun bukan pada daerah yang luas, sehingga suhu puncak awan menjadi sangat dingin. Alhasil butiran butiran atau tetes air di puncak awan tersebut menjadi berbentuk es dan turun sebagai hujan es.
 
“Hujan es ini terjadi bersamaan pada saat hujan dengan intensitas lebat - sangat lebat dan juga disertai hembusan angin yang kuat namun berlangsung pada durasi pendek,” jelas Prabowo.
 
Kondisi Hujan es di  wilayah Depok berlangsung sekitar 30 menit dan juga disertai angin kencang. Menurut Prabowo, Depok menjadi wilayah yang lebih dulu dilanda hujan es ketimbang wilayah Jabodetabek lainnya, dikarenakan elevasi atau altitudo (ketinggian dari permukaan laut) wilayahnya tinggi.
 
“Biasanya yang elevasinya lebih tinggi itu potensial lebih dulu terjadi hujan es, seperti Depok, Bogor” ujarnya.
 
Prabowo mengatakan hujan es masih berpotensi terjadi hingga bulan November, dan Indonesia mulai memasuki musim hujan. Selain wilayah Depok, wilayah Jabotabek dan lainnya juga berpotensi terjadinya hujan es, karena wilayah Indonesia dalam masa transisi dari musim panas ke musim hujan.


 

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics