Home » , , » Mau Beli Charger Smartphone Baru? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal ini!

Mau Beli Charger Smartphone Baru? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal ini!

Posted by Alnindo News on Kamis, 01 Maret 2018

tips membeli charger hp smartphone baru

Charger merupakan salah satu item terpenting dalam sebuah perangkat smartphone. Tanpa charger, meski Anda memiliki smartphone canggih sekalipun tidak akan pernah bisa berfungsi bukan?

Masalah yang sering terjadi adalah ketika charger hilang atau rusak. Tentu hal ini bikin jengkel dan solusi satu-satunya adalah dengan membeli charger baru. Anda bisa membeli perlengkapan paling penting untuk smartphone ini di pedagang kaki lima dan counter HP terdekat.

Ketika Anda ingin membeli charger baru, mungkin Anda bingung memilih charger yang berkualias bagus. Karena memang tidak semua perangkat satu ini berkualitas baik.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan beberapa hal yang bisa Anda ikuti ketika akan membeli sebuah charger baru. Silahkan disimak:

1. Harga menentukan kualitas charger

Ada harga ada kualitas! sering kita mendengar istilah tersebut. Hal tersebut memanglah benar, saat ini banyak charger abal-abal dijual bebas di pasaran. Harganya relatif lebih murah, tapi biasanya tidak bertahan lama. Bahkan yang lebih parahnya, smartphone Anda malah menjadi rusak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membeli charger dengan harga yang agak tinggi. Tidak masalah harganya dua atau tiga kali lipat lebih mahal, selama produk tersebut terjamin keaslian dan berasal dari merek yang sudah memiliki reputasi baik.

2. Ukuran, bentuk atau ketebalan bukan penentu

Bicara tentang ketebalan kabel charger,  beberapa orang beranggapan bahwa ketebalan kabel charger mempengaruhi tingkat keawetan sebuah charger. Mereka beranggapan apabila kabel semakin tebal, maka bisa dibilang charger tersebut lebih awet dibanding kan dengan charger yang memiliki kabel tipis.

Perlu Anda ketahui disini, sebenarnya pendapat tersebut tidaklah tepat. Mengingat, awet atau tidaknya sebuag kabel lebih dipengaruhi oleh kualitas material yang digunakan pada coating atau material pembungkus kabel tersebut.

3. Perhatikan bahan coating

Melanjutkan poin sebelumnya, coating merupakan sebuah lapisan pelindung terluar yang dimiliki sebuah kabel charger. Ada beberapa jenis coating yang biasa kita kenal, seperti coating dari bahan karet PVC, kulit sintesis, fiber kevlar/nilon. Setiap jenis coating tersebut nantinya akan mempengaruhi terhadap kelenturan dan keawetan sebuah kabel.

4. Teknologi tambahan yang tersedia

Masih tentang kabel charger, saat ini sudah banyak kita temui mengenai berbagai jenis teknologi tambahan yang tersedia pada berbagai jenis kabel, mulai dari teknologi fast charging (isi cepat) serta beberapa konektor untuk beragam jenis USB port.

Untuk hal ini, alnindo electronics menyarankan agar tidak memilih kabel charger yang menyediakan beberapa jenis kepala USB port yang bisa dibonkar pasang (connector). sebab, jenis port seperti itu biasanya akan menghasilkan pengisian daya yang tidak optimal.

Apabila ingin mencari kabel charger yang menyediakan konektor, sebaiknya beli jenis kabel yang diproduksi oleh merek asli yang sudah dikenal baik kualitasnya. Sementara untuk teknologi fast charging, sebaiknya Anda meminta izin kepada penjual untuk mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa baik teknologi tersebut berfungsi.

5. Informasi garansi produk

Salah satu hal yang paling penting dalam membeli sebuah charger baru adalah dengan mengetahui garansi yang diberikan penjual. Pastikan juga untuk cek informasi yang tertera pada kemasan tentang detail dari produk yang Anda beli.

Hal ini bisa membantu Anda dalam mengetahui keaslian sebuah charger yang akan Anda beli.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam membeli sebuah charger baru. Semoga membantu yaaa.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics