Home » » Berita Masyarakat - Hari Besar Negara "BPIP akan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila"

Berita Masyarakat - Hari Besar Negara "BPIP akan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila"

Posted by Alnindo News on Kamis, 31 Mei 2018

BPIP akan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila





Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berencana menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2018 besok. Acara ini akan turut dihadiri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
Anggota BPIP Zuly Qodir mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila ini sengaja digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa yaitu Pancasila. Menurut dia, Pancasila sudah menjadi bagian hidup bagi seluruh warga negara Indonesia.



"Siapapun orangnya, apapun agamanya, sukunya, kelompoknya, rasnya sekali pun. Karena Pancasila menjadi kesepakatan bersama sejak kemerdekaan ini diselenggarakan," kata Zuly di kantor BPIP, Jakarta, Kamis (31/5/2018).
Ia menambahkan, peringatan hari lahir Pancasila juga sebagai renungan apakah saat ini Pancasila hanya masih sebagai jargon atau simbol semata. Seharusnya, kata dia, Pancasila harus hadir ditengah masyarakat menjadi daya dorong, daya gerak, dan inspirasi untuk hadirnya cultural citizenship dan public goods sehingga menjadi milik semua warga negara, bukan hanya satu golongan saja.
"Inilah tantangannya," ucap Zuly.
Upacara peringatan hari lahir Pancasila rencananya akan digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Tempat sengaja dipilih karena memiliki nilai historis. Khususnya yang berkaitan dengan lahirnya ideologi Pancasila.
"Karena waktu tahun 1945 mulai dari 29 Mei sampai 1 Juni, di situ diadakan sidang yang berkaitan tentang ideologi," tandas Zuly.


Lomba Kreasi Pancasila

Selain akan menggelar upacara peringatan lahirnya Pancasila, BPIP juga sebelumnya berencana menyelenggarakan Lomba Kreasi Pancasila. Lomba ini diadakan untuk menyambut Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2018.
"Jika tahun lalu dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan Pekan Pancasila, maka tahun ini BPIP ingin peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan mulai dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2018," kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu 11 April 2018 lalu.
Yudi mengatakan lomba Kreasi Pancasila ini terdiri atas Lomba Yel-Yel Pancasila, Lomba Meme Pancasila, Lomba Foto Instagram Pancasila, Lomba Film Pendek Pancasila, Lomba Esai Pancasila, dan Lomba Cipta Lagu Pancasila.
Nantinya, lomba tersebut akan diselenggarakan pada 1 Juni hingga 18 Agustus 2018. Menurut Yudi, sepanjang tanggal tersebut banyak momen historis bahwa perumusan Pancasila.
"Kita ingin segala proses-proses yang menyangkut lahirnya Pancasila itu kita hargai semua momen-momen historisnya. Jadi dimulai dari kelahirannya di 1 Juni, proses di 22 Juni, dan disahkan di 18 Agustus," ucap Yudi.
Yudi menambahkan dalam perlombaan ini pihaknya akan mengangkat tema 'Kita Pancasila: Bersatu Berbagi'. Tema itu diharapkan mampu menjahit rangkaian kegiatan tersebut.
"Tema peringatan ini melanjutkan dari tema peringatan tahun lalu, yaitu Saya Indonesia, Saya Pancasila," tutup Yudi.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics