Home » , , » Berita Mudik Lebaran: Tol Jakarta - Surabaya Sepanjang 525 Km Siap Dilalui Pemudik

Berita Mudik Lebaran: Tol Jakarta - Surabaya Sepanjang 525 Km Siap Dilalui Pemudik

Posted by Alnindo News on Kamis, 07 Juni 2018

Tol Jakarta - Surabaya Untuk Mudik Lebaran 2018

ALNEWS - Jakarta - Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono menyebutkan bahwa tol jakarta-surabaya sepanjang 760km, kini 525 km telah terhubung dan siap digunakan.


""Yang 235 Km fungisonal tapi fungsionalnya bukan darurat. Jadi juga kita batasi kecepatannya tidak lebih dari 40-60 Km. Nanti pak polisi yang mengatur," kata Basuki dalam gelar pasukan operasi ketupat 2018 di lapangan silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).

Ada 3 hal penting menurut Basuki yang menjadi perhatian di mudik Lebaran tahun ini, yakni kesiapan sarana da prasarana, rekayasa lalu lintas, dan prilaku pemudik itu sendiri.

Untuk kesiapa sarana dan prasarana, pihaknya mengakui sudah melakukan pengecekan atau peninjauan jalur kota bersama dengan Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dan beberapa instansi lainnya.

"Jadi kalau keseluruhan jalan nasional kondisi seluruhnya sudah lebih dari 90 persen kondisi mantapnya. Mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi," ujarnya.

Selain itu, untuk sepanjang Jalan Pantai Selatan 1.300 kilometer dan Jalan Pantura 1.400 Kilometer saat ini kondisinya sudah cukup baik untuk dapat dilewati oleh para pemudik.

"Bahkan jembatan di Cincin Lama di Midang telah bisa dilewati beberapa hari yang lalu. Kemudian untuk yang tol. Kami kemarin lewat Tegal sampai Semarang 150 kilometer itu tiga jam dengan kecepatan tidak lebih dari 60 Km/jam," ucapnya.


pintu kertasari

Meski demikian, Mentri PUPR Basuki lebih mengingatkan para pemudik agar tetap waspada dalam melalukan mudik Lebaran 2018. Sebab ada dua titik  rawan kemacetan di kawasan sepanjang jalan Pulau Jawa.

"Yang pertama di Pintu Kertasari. Ini memindah pintu Brexit 24 kilometer ke arah yang jalan tol. Itu sebenernya sudah selesai sudah akan diresmikan tapi masih kita fungsionalkan supaya tetep gratis dulu sampai Lebaran. Itu nanti pintunya membayarnya dari situ, itu gratis semua. Tapi nanti yang biasanya membayar di Brexit Timur nanti membayarnya di Kertasari sehingga mengantisipasi kemacetan," Ujar Basuki.

Kemudian untuk titik yang kedua terdapat jembatan Kalikuto di Kendal. Jembatan ini masih tahap pembangunan dan mudah-mudahan H-2 sudah selesai dan dapat dilalui oleh para pemudik.

"Sementara kalau nanti tanggal 8 Juni. Jalan tol ini akan dibuka tanggal 8 Juni jam 6 pagi, kemarin sudah disepakati. Kalau itu nanti antara tanggal 8 sampai tanggal 24 Juni sudah mulai ada pemudik nanti dilewatkan ke arah luar sebentar terus masuk lagi tol hanya melewati jembatan Kalikuto itu," ungkapnya.

Basuki juga melakukan pengecekan jalur sekaligus rest area, fasilitas tempat peristirahatan sementara sudah dalam keadaan siap. Dalam rest area tersebut sudah terdapat stok BBM, pos kesehatan, dan tempat makan. "Air sudah saya cek langsung kualitasnya dari sumur bor dari sumur yang dibor kira-kira 100-120 meter. Toilet juga tersedia puluhan, halaman parking kira-kira bisa menampung untuk 100 mobil untuk sekali parkir. Jadi saya rasa semua sudah siap." yakinnya.



Selanjutnya untuk jalan tol Jakarta - Semarang sudah dapat dilalui. Namun, Sepanjang jalan tol Semarang Solo masih bersifat fungsional antara Salatiga ke Kartosuro. Satu titik rawan disekitar sana berada di Kali Kenteng.

"Jembatan Kali Kenteng memang tidak bisa kita manfaatkan mudik kali ini karena ada sembilan tiang yang tingginya sekitar 40 meter sehingga kita tidak paksakan untuk bisa selesai. Jadi kita bikin jalan di bawahnya. Sehingga tidak keluar jalan tol tetep melalui jalan tol langsung ke Solo. Solo Ngawi terus sudah nyambung dengan kondisi yang lebih baik," tandasnya.

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics